petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:isj8.kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

sumseltoto

trik slot zeus gacor 78Jutaan kata 114946Orang-orang telah membaca serialisasi

《sumseltoto》

Saham Pendulang Cuan Selama Ramadan, Ini Daftarnya******

Analis menyebut sejumlah saham berpotensi berkilau pada pekan kedua Ramadan ini. Berikut daftarnya.
Analis menyebut sejumlah saham berpotensi berkilau pada pekan kedua Ramadan ini. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) terjun bebas 105,26 poin atau minus 1,42 persen ke level 7.328 pada perdagangan pekan lalu. Investor asing mencatat beli bersih (net buy) Rp10,71 triliun selama sepekan.

Sepekan lalu, indeks saham menguat dua kali dan melemah sekali, di mana sisanya pasar saham tutup menyambut libur Nyepi dan cuti bersama. Namun, secara total performa indeks saham melemah 0,02 persen pada pekan kemarin.

Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kautsar Primadi Nurahmad mengatakan penguatan paling besar tercatat dari rata-rata nilai transaksi harian saham yang naik 63,45 persen. Nilai transaksi ini menguat dari Rp10,47 triliun ke Rp17,12 triliun.

Namun, kapitalisasi pasar bursa selama sepekan anjlok 1,19 persen menjadi Rp11,69 triliun. Padahal, pekan sebelumnya sempat bertengger di level Rp11,82 triliun.

"Rata-rata volume transaksi harian selama sepekan mengalami perubahan sebesar 4,94 persen menjadi 18,68 miliar lembar saham dari 19,65 miliar lembar saham pada penutupan pekan lalu," ucapnya, seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (15/3).

Supervisor Customer Literation and Education PT Kiwoom Sekuritas Indonesia Oktavianus Audi memperkirakan IHSG pekan ini masih akan tertekan dalam rentang pergerakan 7.237-7.445. Ia menyebut ada banyak keputusan bank sentral terkait suku bunga acuan yang akan terjadi pada pekan ini.

Ada dua sentimen utama terhadap gerak indeks selama sepekan ini. Pertama, datang dari suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate yang diprediksi akan ditahan di level 6 persen.

Kedua, rilis suku bunga acuan The Fed dan proyeksi ekonomi dari Bank Sentral AS tersebut. Audi memperkirakan ini merupakan puncak siklus suku bunga dan berpotensi mulai terjadinya pelonggaran, di mana jika benar maka akan direspons positif oleh pasar.

"Investor dapat wait and seeterlebih dahulu dengan menunggu konfirmasi support IHSG dan juga rilis keputusan Bank Indonesia dan proyeksi ekonomi The Fed yang dapat mempengaruhi pasar," ucap Audi kepada CNNIndonesia.com, Minggu (17/3).

Menurutnya, sektor yang wajib diperhatikan sepekan ini adalah energi. Ia menyebut ada kenaikan harga minyak mentah belakangan ini, bahkan menyentuh level tertingginya sejak November 2023.

Selain energi, Audi memprediksi sektor konsumer juga potensial. Sektor ini bisa dilirik seiring dengan pergerakan teknikal yang potensial.

[Gambas:Video CNN]

Secara teknikal, Audi merekomendasikan tiga emiten.

Pertama, trading buysaham PT Elnusa Tbk yang diyakini tembus 422. Emiten berkode ELSA ini pekan lalu naik 2,06 persen ke level 396.

Kedua, ia menyarankan investor untuk buy on weaknesssaham PT Medco Energi Internasional Tbk alias MEDCO. Emiten ini diyakini bergerak di rentang 1.400-1.415.

Ketiga, PT Mayora Indah Tbk yang naik 2,11 persen ke level 2.420 pekan lalu. Menurutnya, MYOR bisa tembus 2.530 dan boleh dilirik dengan skema trading buy.

Sedangkan Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana punya pandangan lain. Menurutnya, IHSG berpeluang menguat terbatas dengan support7.238 dan resistance7.240.

"Untuk sentimen sepekan ke depan akan ada rilis suku bunga acuan dari China, Indonesia, dan AS yang diperkirakan akan cenderung tetap," tuturnya.

"Kemudian, pergerakan harga komoditas pun juga masih akan mempengaruhi pergerakan emiten di IHSG," tambah Herditya.

Lihat Juga :
Zulhas soal Harga Cabai Mahal: Belum Ada Sistem Tanam Greenhouse

Ada tiga saham yang menurutnya bisa diperhatikan selama sepekan ini.

Pertama, emiten berkode BIRD yang diyakini bisa menembus level 1.900. Meski, saham milik PT Blue Bird Tbk ini merosot 0,85 persen ke level 1.740 pada pekan lalu.

Kedua,Herditya merekomendasikan saham PT Astra Otoparts Tbk yang stagnan pada pekan kemarin. Menurutnya, emiten berkode AUTO ini bakal bergerak di rentang 2.330-2.480.

Ketiga,ada PT Kalbe Farma Tbk yang jatuh 0,35 persen ke posisi 1.430 pada penutupan pekan lalu. Meski begitu, Herditya meyakini KLBF bisa unjuk gigi hingga posisi 1.600.

(agt/agt)

Kemenhub Tegur Keras Batik Air Buntut Pilot Tidur 28 Menit di Udara******

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan teguran keras kepada maskapai Batik Air buntut pilot dan co-pilot tidur 28 menit saat pesawat sedang terbang .
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan teguran keras kepada maskapai Batik Air buntut pilot dan co-pilot tidur 28 menit saat pesawat sedang terbang . (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan teguran keras kepada maskapaiBatik Air  buntut pilotdan co-pilot tidur 28 menit saat pesawat sedang terbang .

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub M. Kristi Endah Murni mengatakan maskapai perlu memperhatikan waktu dan kualitas istirahat pilot dan awak pesawat lainnya, yang mempengaruhi kewaspadaan dalam penerbangan.

"Kementerian Perhubungan memberikan teguran keras kepada Batik Air dan akan melakukan investigasi secara khusus terkait kasus tersebut," kata lewat keterangan resmi, Sabtu (9/3).

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis masalah 'serius' yang terjadi saat salah satu pesawat Batik Air terbang di udara menuju Jakarta.

Hal ini berkaitan dengan kedua pilot dalam penerbangan ID6723 'tidak sengaja' tertidur selama 28 menit, hingga menyebabkan serangkaian kesalahan navigasi.

Insiden tersebut terjadi pada 25 Januari lalu dalam penerbangan dari Kendari di Sulawesi ke Jakarta menggunakan pesawat Airbus A32 dengan nomor lambung BTK6723.

Penerbangan tersebut memiliki waktu blok selama 2 jam 35 menit hingga sampai tujuan, sesuai dengan jadwal Batik Air Indonesia.

KNKT mendesak Batik Air Indonesia "mengembangkan prosedur rinci untuk melakukan pemeriksaan kokpit untuk memastikan bahwa pemeriksaan kokpit dapat dilaksanakan dengan benar."

[Gambas:Video CNN]



(Can/agt)

Tarif Tol Jakarta******

Jasamarga menaikkan tarif Tol Jakarta-Cikampek dan MBZ mulai Sabtu (9/3) pukul 00.00 WIB dengan sejumlah alasan.
Jasamarga menaikkan tarif Tol Jakarta-Cikampek dan MBZ mulai Sabtu (9/3) pukul 00.00 WIB dengan sejumlah alasan. ( CNN Indonesia/Chandra Erlangga).
Daftar Isi
  • 1. Jakarta IC-Pondok Gede Barat/Pondok Gede Timur
  • 2. Jakarta IC-Cikunir, Jakarta IC-Bekasi Barat, Jakarta IC-Bekasi Timur, Jakarta IC-Tambun, Jakarta IC-Cibitung, Jakarta IC-Cikarang Barat
  • 3. Jakarta IC-Cibatu, Jakarta IC-Cikarang Timur, Jakarta IC-Karawang Barat
  • 4. Jakarta IC-Karawang Timur, Jakarta IC-Dawuan, Jakarta IC- Kalihurip, Jakarta IC-Cikampek
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) selaku pengelola Tol Jakarta-Cikampek dan PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) pengelola Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (Tol MBZ) menaikkan tarif jalan bebas hambatan itu mulai Sabtu (9/3) pukul 00.00 WIB.

Vice President Corporate Secretary and Legal PT JTT Ria Marlinda Paallo mengatakan kenaikan tarif ini dilakukan sebagai kompensasi dari penambahan lajur pada Tol Jakarta-Cikampek dan fasilitas Emergency Parking Bay di Jalan Layang MBZ.

Ia mengatakan komponen utama kenaikan tarif integrasi berdasarkan pertimbangan inflasi untuk Ruas Tol Jakarta-Cikampek dari periode September 2016 hingga Desember 2023 serta hitungan inflasi untuk segmen Jalan Layang MBZ mulai periode Oktober 2020 hingga Desember 2023.

"Penyesuaian tarif ini dibutuhkan untuk memastikan iklim investasi jalan tol yang kondusif, menjaga kepercayaan investor dan pelaku pasar terhadap industri jalan tol yang prospektif di Indonesia, serta menjamin level of service pengelola jalan tol tetap sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) jalan tol," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (6/3/) seperti dikutip dari detikfinance.com.

Penambahan kapasitas lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek telah dilaksanakan pada 2022 hingga 2023 dengan peningkatan kapasitas tol dari 3 lajur menjadi 4 lajur sepanjang 18,2 km. Peningkatan kapasitas ini dimaksudkan untuk meningkatkan kelancaran dengan mengurai kepadatan kendaraan setelah KM 48 arah Cikampek akibat pertemuan 2 arus lalu lintas kendaraan dari Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed.

Peningkatan layanan lainnya juga dilakukan di Jalan Layang MBZ yaitu dengan menyediakan emergency parking bay di 4 titik lokasi yaitu KM 21 dan KM 41 arah Cikampek serta KM 40 dan KM 22 arah Jakarta. Semua ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan pengamanan pengguna jalan saat terjadi kondisi darurat di tol layang.

Sementara itu, mengutip Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 250/KPTS/M2024, berikut daftar tarif tol Jakarta-Cikampek dan Tol MBZ:

1. Jakarta IC-Pondok Gede Barat/Pondok Gede Timur

- Golongan I naik dari Rp4.000 menjadi Rp5.500

- Golongan II naik dari Rp6.000 menjadi Rp8.000

- Golongan III naik dari Rp6.000 menjadi Rp8.000

- Golongan IV naik dari Rp 8.000 menjadi Rp11 ribu

- Golongan V naik dari Rp8.000 menjadi Rp11 ribu

2. Jakarta IC-Cikunir, Jakarta IC-Bekasi Barat, Jakarta IC-Bekasi Timur, Jakarta IC-Tambun, Jakarta IC-Cibitung, Jakarta IC-Cikarang Barat

- Golongan 1 naik dari Rp7.000 menjadi Rp9.500

- Golongan II naik dari Rp10.500 menjadi Rp14 ribu

- Golongan III naik dari Rp10.500 menjadi Rp14 ribu

- Golongan IV naik dari Rp14 ribu menjadi Rp19 ribu

- Golongan V naik dari Rp14 ribu menjadi Rp19 ribu

3. Jakarta IC-Cibatu, Jakarta IC-Cikarang Timur, Jakarta IC-Karawang Barat

- Golongan I naik dari Rp12.500 menjadi Rp16.500

- Golongan II naik dari Rp18 ribu menjadi Rp24.500

- Golongan III naik dari Rp18 ribu menjadi Rp24.500

- Golongan IV naik dari Rp24 ribu menjadi Rp32.500

- Golongan V naik dari Rp24 ribu menjadi Rp32.500

4. Jakarta IC-Karawang Timur, Jakarta IC-Dawuan, Jakarta IC- Kalihurip, Jakarta IC-Cikampek

- Golongan I naik dari Rp20 ribu menjadi Rp27 ribu

- Golongan II naik dari Rp30 ribu menjadi Rp40.500

- Golongan III naik dari Rp30 ribu menjadi Rp40.500

- Golongan IV naik dari Rp40 ribu menjadi Rp54 ribu

- Golongan V naik dari Rp40 ribu menjadi Rp54 ribu.

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)




bab terbaru:cara nyicil di akulaku

Perbarui waktu:2024-06-22

Daftar bab terbaru
petir77
slot om
jebol situs slot
link slot bonus new member 100 to kecil
link slot yang paling gacor
pinjaman adira online
slot kakek zeus gacor jam berapa
kredivo 3 bulan
situs judi slot indonesia
Daftar isi semua bab
Bab 1 semangat slot
Bab 2 rtp pola gacor olympus hari ini
Bab 3 situs game terpercaya
Bab 4 mahjong ways 1 png
Bab 5 slot jaminan gacor
Bab 6 cara pinjam shopee paylater
Bab 7 babapoker
Bab 8 idnslot77
Bab 9 cara pengajuan cicilan akulaku
Bab 10 akun baru langsung maxwin
Bab 11 dunia slot 77
Bab 12 voucher shopee pinjam 2022
Bab 13 macau188
Bab 14 situs slot bonus tanpa deposit
Bab 15 bocoran admin
Bab 16 infini slot gacor
Bab 17 situs slot gacor pagi ini
Bab 18 angka sydney yang jitu
Bab 19 trik angka jitu
Bab 20 link gacor bonus new member 100
Klik untuk melihattersembunyi di tengah826bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Conan Sistem Detektif Saya

genting138
Kantor Staf Presiden (KSP) heran harga beras di pedagang tradisional masih mahal. Padahal di Pasar Induk Beras Cipinang dan Pasar Induk Beras Johar sudah turun.
Kantor Staf Presiden (KSP) heran harga beras di pedagang tradisional masih mahal. Padahal di Pasar Induk Beras Cipinang dan Pasar Induk Beras Johar sudah turun. ( CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kantor Staf Presiden (KSP) heran mengapa harga berasdi pedagang tradisional dan warung-warung masih tetap mahal. Padahal harga di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) dan Pasar Induk Beras Johar, Karawang sudah turun.

Deputi III KSP Edy Priyono menyorot rata-rata harga beras medium pada panel harga Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang ada di kisaran Rp14 ribu per kg.

Menurutnya, ini berbeda dengan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) dan data Kementerian Perdagangan yang menunjukkan harga beras medium masih di level Rp16 ribu per kg.

Meski di pasar induk sudah turun, Edy mengatakan harga beras di tingkat pedagang dan warung masih tetap mahal. Ini terjadi merata di Jakarta maupun Jawa Barat.

Ia mencontohkan rata-rata harga beras medium di Jakarta menembus Rp16.150 per kg atau lebih tinggi dari rata-rata nasional. Harga rata-rata harga beras medium di Jawa Barat juga cukup tinggi, yakni Rp16.050 per kg.

"Ini menjadi pertanyaan besar, tidak untuk kita diskusikan sekarang, tapi mohon menjadi perhatian teman-teman, saya enggak tahu kalau begini nih Kementerian Perdagangan atau Badan Pangan. Kenapa harga beras medium yang sudah murah di Pasar Induk Cipinang dan Pasar Johar Karawang itu tidak tertransformasi menjadi harga beras medium yang rendah di pasar tradisional dan warung-warung? Itu pertanyaan," tutur Edy.

"Apakah mereka (pedagang) mengambil margin cukup besar atau gimana? Kita gak tahu. Upaya kita sudah sangat besar kan, sudah banyak yang dilakukan teman-teman Badan Pangan, Bulog, kerja sama dengan teman-teman pemerintah daerah," sambungnya.

Ia mengatakan Pasar Induk Cipinang menjadi tempat pedagang-pedagang eceran mengambil beras. Secara logika, Edy menyebut jika beras yang didapat lebih murah di Pasar Induk Cipinang seharusnya membuat harga jualnya juga murah.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Gadis cantik dan menawan

mimpi 4d abjad
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Jumat (1/3).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Jumat (1/3). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat terbatas pada perdagangan Jumat (1/3).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan gerak IHSG memang tengah dalam fase konsolidasi wajar usai mengalami kenaikan jangka pendek. Terlebih, minim sentimen untuk mendongkrak kenaikan IHSG.

"Sedangkan capital inflowyang tercatat secara year to date(ytd) yang masih terjadi ke dalam pasar modal masih menjadi penopang bagi pergerakan IHSG saat ini. Hari ini IHSG berpotensi menguat terbatas," kata William.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBNI, UNVR, SMGR, JSMR, TLKM, AKRA, KLBF, dan LSIP.

Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto juga memprediksi indeks kinclong hari ini. Ia meyakini gerak IHSG akan berada di rentang 7.275-7.344.

"Berhasil bertahan di atas 7.300 dengan kenaikan volume bisa dikatakan bahwa pengujian support baru IHSG telah berhasil. IHSG bergerak dalam tren menguat dengan estimasi target penguatan hingga 7.403 alias all time high," ramalnya.

IHSG layu ke level 7.316 pada perdagangan Kamis (29/2). Indeks saham turun 12,52 poin atau minus 0,17 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp15,66 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 29,17 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Grup Monster Hadiah

fifa slot88
Chef Arnold menuliskan dalam unggahan akun X harga telur ayam Rp17 ribu dan daging ayam Rp20 ribu per kilogram.
Ilustrasi telur. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Chef Arnold Poernomo tengah menjadi sorotan imbas perhitungan biaya makan siang gratis yang diunggah di akun X pada Jumat (1/3).

Netizen ramai-ramai mengomentari unggahan itu, bukan terkait perhitungan biaya makan siang yang ditetapkan Rp15 ribu per porsi, melainkan harga bahan pokok yang dirinci Chef Arnold, terutama daging ayam dan telur ayam.

Lihat Juga :
2 Alasan yang Mungkin Buat Sri Mulyani Tak Dilirik Prabowo Jadi Menkeu

"Salah liat harga telurnya 17k/500g. 1 butir cukup," demikian ia mengomentari cuitannya sendiri.

[Gambas:Twitter]

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional per Jumat (1/3) kemarin, harga daging ayam dan telur ayam tercatat di atas Rp30 ribu per kilogram.

Lihat Juga :
Badan Pangan Bongkar Alasan Risma Tak Ada Tiap Jokowi Bagikan Beras

Misalnya, daging ayam ras segar dibanderol sebesar Rp38.350 per kg. Naik Rp1.000 per kg dibandingkan hari sebelumnya.

Telur ayam ras segar Rp31.400 per kg. Harganya juga naik Rp1.300 per kg dibandingkan hari sebelumnya.

Sebagai catatan, harga pangan tersebut rata-rata nasional. Di beberapa wilayah harganya bahkan lebih mahal.

Lihat Juga :
CT: Saya Tidak Akan Jadi Menteri di Kabinet Berikutnya

Seperti di Pasar Parung, Kabupaten Bogor. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, harga ayam per ekor ukuran sedang Rp45 ribu per kg dan besar Rp50 ribu per kg.

Kemudian, harga telur ayam Rp32 ribu per kg. Terus melonjak sejak beberapa minggu lalu yang masih Rp28 ribu per kg.

(bac/bac)

[Gambas:Video CNN]

Senin ajaib

rtp dragon138
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebut tambahan pupuk subsidi untuk petani akan diberikan dalam waktu dekat.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebut tambahan pupuk subsidi untuk petani akan diberikan dalam waktu dekat. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebut tambahan pupuk subsidi untuk petani akan diberikan dalam waktu dekat. Pemerintah bakal mengeluarkan surat keputusan (SK) sesegera mungkin karena Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sudah rampung.

Amran menyebut Presiden Joko Widodo sudah menyetujui jumlah penambahan dan anggaran pupuk subsidi yang naik dua kali lipat. Semula hanya untuk 4,7 juta ton kemudian dinaikkan hingga 9,55 juta ton.

"SK nya akan diturunkan dalam waktu dekat," kata Amran usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

"Alhamdullilah, produksi jagung saat ini sudah naik. Bahkan menurut BPS surplus Bulan Januari, Februari, Maret sebanyak 1 juta ton dibanding tahun sebelumnya," kata dia.

Tak hanya itu, Amran juga memastikan pemerintah akan memperbanyak pompanisasi pada lahan tadah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia. Kebijakan tersebut dilakukan untuk menekan dampak dari El Nino sekaligus meningkatkan produktivitas sektor pertanian.

Untuk merealisasikan kebijakan ini, lanjut Amran, pemerintah akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp5,8 triliun.

"Karena ada El Nino yang berkepanjangan, khusus Pulau Jawa kita rencana 500 ribu hektare kita daerah-daerah upland, daerah-daerah tadah hujan, kita akan melakukan pompanisasi seluas 500 ribu hektare Pulau Jawa, kemudian 500 ribu hektare di luar Jawa," ujar Amran.

[Gambas:Video CNN]

(khr/pta)

Sentuhan emas naga

pinjol dengan limit tinggi
Sepekan jelang Ramadan, harga beras masih tak kunjung landai. Harga beras kualitas bawah, medium hingga super masih naik.
Dua pekan jelang Ramadan, harga beras masih tak kunjung landai. Harga beras kualitas bawah, medium hingga super masih naik. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas harga pangan naik pada awal pekan ini, Senin (4/3). Dua pekan jelangRamadan, harga berasmasih tak kunjung landai. Harganya masih terus naik.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga rata-rata beras secara nasional di level eceran masih terus naik dibanding pekan lalu.

Beras kualitas bawah I dijual Rp14.700 per kg, padahal pekan lalu masih Rp14.550 per kg. Beras kualitas bawah II Rp14.450 per kg dari sebelumnya Rp14.350 per kg.

Kemudian, beras kualitas super I dijual Rp17.300 per kg, sementara pekan lalu Rp17.150 per kg. Harga beras kualitas super II juga naik menjadi Rp16.750 per kg dari Rp16.600 per kg.

Beberapa komoditas pangan yang juga naik jelang puasa adalah gula. Harga gula pasir premium naik menjadi Rp18.400 per kg dari Rp18.300 per kg. Lalu, gula pasir lokal pun naik Rp100 menjadi Rp17.750 per kg.

Telur ayam ras juga melejit ke Rp31.700 per kg, padahal pekan lalu masih Rp30.900 per kg. Harga daging ayam ras segar meroket menjadi Rp38.700 per kg dari Rp37.700 per kg pada pekan lalu.

Minyak goreng kemasan bermerek II naik menjadi Rp19.350 per kg dari Rp19.300, serta minyak goreng curah dijual Rp16.300 per kg dari Rp16.200 per kg. Adapun minyak goreng kemasan bermerek I tetap Rp20.750 per kg.

Lihat Juga :
Pantauan Kemendag di 649 Pasar, Harga Beras Premium Masih Belum Turun

Bawang putih pun terpantau naik menjadi Rp41.150 per kg dari Rp40.800 per kg.

Beberapa harga pangan terpantau stabil sejak pekan lalu. Harga daging sapi kualitas I tetap Rp138.200 per kg, begitu pun daging sapi kualitas II Rp12.9300 per kg, sama seperti minggu lalu.

Kemudian, harga bawang merah juga merangkak turun. Kini, bawang merah dijual Rp36.900 per kg dari sebelumnya Rp37.350 per kg.

Komoditas cabai-cabaian justru turun harga. Harga cabai rawit merah kini Rp68.150 per kg dari Rp69.050 per kg, cabai merah Rp73.700 per kg dari Rp77 ribu per kg, serta cabai merah keriting Rp67.100 per kg dari Rp71.750 per kg.

Namun, cabai rawit hijau berbeda. Harganya naik menjadi Rp52.900 per kg dari Rp52.750 per kg.

Pekan lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim harga beras sudah turun di sejumlah pasar. Ia pun meminta narasi harga beras naik tidak langsung ditelan mentah-mentah.

Jokowi meminta agar masyarakat kembali memeriksa harga beras di pasaran.

"Coba dicek, jangan menginformasikan seperti itu ya (harga beras naik. Coba dicek di Pasar Induk Cipinang, cek ke Pasar Johar, ini pasar-pasar beras harus dicek. Coba kalian datang ke Pasar Cipinang, cek harga turun apa naik. Cek di Pasar Johar, naik atau tidak, turun atau tidak," kata Jokowi usai menghadiri acara Rapim TNI/Polri di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2).

Jokowi meminta agar masyarakat mengunjungi pasar-pasar induk seperti di Cipinang, Jakarta hingga Pasar Johar, Karawang. Ia meminta masyarakat untuk melihat sendiri apakah terjadi kenaikan atau penurunan harga beras.

"Cek sudah turun, karena harian itu saya cek dan saya selalu mendapatkan angka-angka," ujarnya.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) sebelumnya mengungkapkan harga beras saat ini melonjak hingga 20 persen. Padahal, Ramadan masih cukup jauh.

Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan mengatakan harga beras saat ini menjadi Rp18 ribu per kilogram (kg). Naik tinggi dibandingkan biasanya sekitar Rp14 ribu per kg. Ini adalah harga tertinggi sepanjang pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, hilangnya beras premium secara mendadak tidak hanya terjadi di ritel. Di pasar, para pedagang juga kesulitan mendapatkan beras premium, karena memang stok yang dimiliki penggilingan juga terbatas.

Reynaldi menyindir lonjakan harga itu dipicu masifnya gelontoran bansos dan bantuan pangan beras 10 kg sebelum Pilpres 2024 kemarin. Pasalnya, setelah itu, kelangkaan pasokan beras mulai terjadi.

[Gambas:Video CNN]

(pta)

Kekuatan Yongle

hoki55
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Selasa (5/3) ini menuju kisaran 7.202-7.234.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Selasa (5/3) ini menuju kisaran 7.202-7.234. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Selasa (5/3) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal indeks saham membentuk candle bearishpada Senin (4/3) dan diperkirakan dapat melemah ke 7.202-7.234. Pasalnya, IHSG telah menembus ke bawah 7.265.

"IHSG mungkin akan melanjutkan pelemahannya menuju 7.138 jika menembus ke bawah support penentu di 7.200," ucap Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG menguat terbatas. Menurutnya, pergerakan indeks saham sedang kembali pada fase konsolidasi wajarnya pasca kenaikan jangka pendek pada beberapa waktu sebelumnya.

Namun, masih minimnya sentimen yang dapat mendorong kenaikan, membuat IHSG masih akan cenderung bergeraksidewayshingga beberapa waktu mendatang.

"Sedangkan capital inflowyang tercatat secara ytd yang masih terjadi ke dalam pasar modal masih menjadi penopang bagi pergerakan IHSG saat ini, hari ini IHSG berpotensi menguat terbatas," ucap William.

[Gambas:Video CNN]

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support 7.256 dan resistance 7.737 hari ini. William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni BBNI, UNVR, SMGR, JSMR, TLKM, AKRA, KLBF, dan LSIP.

IHSG ditutup melemah 35,15 poin atau minus 0,48 persen ke level 7.276 pada perdagangan Senin (4/3) lalu.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp7,65 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,57 miliar saham.



(mrh/agt)