petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:isj8.kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

wahyupoker

bunga akulaku 2022 663Jutaan kata 321143Orang-orang telah membaca serialisasi

《wahyupoker》

Beli Baju Baru Lebaran Haji di Transmart, Harga Murah Koleksi Lengkap******

Sudah punya baju baru belum untuk Hari Raya Idul Adha? Kalau belum, beli di Transmart aja mumpung ada diskon produk fesyen mulai dari baju sampai sepatu.
Yuk belanja baju baru untuk Hari Raya Idul Adha di Transmart, mumpung ada diskon produk fesyen mulai dari baju sampai sepatu. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sudah punya baju baru belum untuk Hari Raya Idul Adha alias Lebaran Haji?

Nah kalau belum, beli di Transmart aja! Pas banget ada Transmart Full Day Sale 'Liburan Meriah Promo Murah' pada hari ini, Sabtu (24/6).

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Datang Lagi 24 Juni, Siap-siap Berburu Diskon!

Contohnya nih, ya, kemeja flanel S135 diskon dari harga normal Rp499 ribu menjadi Rp159.200 per satuan.

Begitu juga dengan set baju Zelia diskon dari Rp199 ribu menjadi Rp140 ribu per satuan dan baju anak Kids Icon diskon 50 persen.

Tak ketinggalan, ada juga diskon untuk sepatu Jackson mencapai 70 persen dan koper President diskon sampai 50 persen plus 20 persen.

Lihat Juga :
Murah Banget, Ayam Segar di Transmart Mulai Rp25 Ribuan Per Ekor

Seluruh diskon ini masih bisa bertambah 20 persen jika kamu bayar transaksi pakai Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Selain produk fesyen, ada juga diskon untuk bahan pokok, daging ayam dan sapi, furnitur, sampai elektronik.

Yuk segera ke Transmart terdekat dan ikuti keseruan diskon di Full Day Sale 'Liburan Meriah Promo Murah'. Jangan sampai ketinggalan diskonnya, ya!

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

JMFW 2024, Indonesia Tampilkan Produk Modest Fashion Unggulan******

Pada acara puncak, JMFW 2024 akan menampilkan rangkaian kegiatan seperti peragaan busana (trunk show), pameran dagang (trade show), dan penjajakan bisnis.
Menteri Perdagangan Zukifli Hasan saat peluncuran Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 di Jakarta. (Foto: Arsip KEMENDAG)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meluncurkan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 di Jakarta, Jumat (23/6). Acara ini mengangkat tema "Discover Indonesian Modest Fashion Excellence".

Melalui JMFW 2024, Zulkifli mengajak semua pihak dan buyer internasional melihat secara langsung modest fashion Indonesia yang luar biasa, baik dari sisi desain, keragaman corak, serta warna dan budaya yang melatarbelakangi.

"Penyelenggaraan JMFW tahun ini sekaligus merupakan salah satu program prioritas pemerintah sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan modest fashion Indonesia di kancah global," kata dikutip Senin (26/6).

"Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi ajang jejaring kerja sama antara industri modest fashion dengan industri terkait di dalam dan luar negeri, serta tentunya dengan buyer internasional," tambahnya.

Menurut dia, visi mewujudkan Indonesia sebagai salah satu barometer modest fashion dunia dapat dicapai lebih cepat jika dilakukan bersama-sama dan didukung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder).

Untuk itu, selain Kantor Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Kemendag juga menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi; pelaku usaha; akademisi, serta media untuk berkolaborasi.

Zulkifli juga mengungkapkan, produk modest fashion merupakan salah satu sektor industri yang menjadi fokus pemerintah untuk didorong ekspor dan penguatan industrinya.

Pada 2022, produk modest fashion menyumbang 3,5 persen terhadap ekspor nonmigas Indonesia. Di tahun tersebut, ekspor produk modest fashion Indonesia tumbuh 12,6 persen dibanding tahun 2021.

Tren ekspor produk modest fashion selama lima tahun terakhir (2018-2022) juga tercatat positif 2,6 persen. Selain itu, konsumsi modest fashion dunia diproyeksikan meningkat 6,1 persen dalam lima tahun hingga mencapai US$ 375 miliar pada 2025.

Untuk meraih peluang ekspor modest fashion Indonesia ke pasar global, lanjut Zulkifli, Kemendag menggagas pelaksanaan JMFW sejak 2021. Hal ini merupakan wadah untuk mempromosikan modest fashion Indonesia dengan berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan di sektor modest fashion.

"Saya optimis, dengan segala upaya yang kita lakukan bersama-sama ditunjang dengan potensi keragaman budaya, kearifan lokal, serta sumber daya manusia yang dimiliki,modest fashion Indonesia tidak hanya mampu menginspirasi dunia, tetapi juga dapat menguasai pasar global," kata Zulkifli.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Perdagangan, Juan Permata Adoe mengatakan, industri modest fashion memiliki multiplier effect dalam memajukan industri lainnya seperti industri kosmetik, obat-obatan, dan jamu. 

"Saat ini modest fashion Indonesia menempati peringkat ke-5. Ini harus kita tingkatkan lagi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan akan terus berlanjut setiap tahunnya karena kami yakin kegiatan ini memberikan dampak positif bagi industri lainnya," ujar Juan.

Pada acara puncak, JMFW 2024 akan menampilkan rangkaian kegiatan seperti peragaan busana (trunk show), pameran dagang (trade show), dan penjajakan bisnis (business matching).

Peluncuran JMFW 2024 dimeriahkan dengan parade busana yang menampilkan karya 10 desainer yaitu Lisa Fitria, Danjyo Hiyoji, Kami., Buttonscarves, Nada Puspita, Aldrie, Artkea Bloom, Kursien Karzai, Brilianto, dan Ayu Dyah Andari.

Sebelumnya, JMFW 2023 menampilkan 144 desainer/jenama dengan lebih dari 1.000 koleksi. Pelaksanaan JMFW 2023 berhasil membukukan transaksi dagang sekitar Rp206,6 miliar dari 16 negara antara lain Malaysia, Spanyol, Yaman, Portugal, dan Nigeria.

(inh/inh)

Badan Pangan Luruskan Info Jokowi soal Harga Ayam Tembus Rp50 Ribu******

Bapanas membantah harga daging ayam tembus Rp50 ribu per kg. Yang dijual Rp50 ribu merupakan ayam fillet, bukan karkas.
Bapanas membantah harga daging ayam tembus Rp50 ribu per kg. Yang dijual Rp50 ribu merupakan ayam fillet, bukan karkas. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) membantah harga daging ayamras di tingkat konsumen tembus Rp50 ribu per kilogram (kg) untuk wilayah Jakarta. Yang dijual Rp50 ribu merupakan ayamfillet, bukan karkas.

Pernyataan ini bertentangan dengan klaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut kenaikan harga ayam belakangan ini sudah terlalu tinggi karena sudah mencapai Rp50 ribu per kg.

"Hari ini kita bersama teman-teman Pasar Jaya cek langsung di Pasar Palmerah (Jakarta). Untuk harga ayam Rp50 ribu per kg itu harga ayam fillet. Jadi ini mesti diluruskan, fillet itu boneless, berbeda dengan karkas," ujar Arief dalam keterangan resmi, Selasa (27/6).

"Jadi kalau di-convert,harganya kurang lebih masih sekitar Rp36 ribu per kg. Dan itu masih harga wajar," ungkapnya.

Adapun kondisi harga rata-rata nasional daging ayam ras berdasarkan data Panel Harga Pangan Bapanas adalah Rp38.530 per kg per 27 Juni 2023.

Ia mengakui selalu ada potensi kenaikan harga jelang hari raya keagamaan, seperti jelang Iduladha ini, lantaran meningkatnya permintaan.

Lihat Juga :
Pedagang Bongkar 2 Biang Kerok Harga Ayam Bisa Melesat Jadi Rp50 Ribu

"Kalau dalam H-2 Lebaran biasanya kenaikan sampai dengan 5-10 persen masih bisa ditolerir. Tapi kalau sampai ke Rp50 ribu per kg itu angka yang tidak bisa ditolerir. Setelah kita cek dan pastikan ternyata itu harga untuk ayam fillet," ia menegaskan.

Ia memastikan Bapanas dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berkoordinasi untuk memperkuat peran BUMD pangan DKI Jakarta, sehingga dapat mendukung stabilitas harga daging ayam ras di wilayah DKI Jakarta jelang Iduladha besok.

"Selanjutnya, saya bersama Pak Gubernur DKI Jakarta dan tentunya dengan BUMD Dharma Jaya, Pasar Jaya, peternak rakyat dan private sector,kita akan siapkan 3-10 hari ke depan ayam dengan harga yang baik dan harga yang benar," ucapnya.

"Agar bisa menjangkau masyarakat secara masif, kita bersama Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta segera siapkan lokasi di Kelurahan-kelurahan, angkanya akan berkisar di bawah Rp. 36.000 per Kg, sehingga masyarakat bisa mendapatkan harga daging ayam yang baik," imbuhnya.

Lihat Juga :
Warga DKI Jakarta Masih Utang ke Pinjol Rp10,35 Triliun

Sebagai langkah pengendalian harga jelang Iduladha, Bapanas menerbitkan surat kepada para pelaku usaha dan asosiasi perunggasan berisi imbauan agar menjual dengan harga wajar. Acuannya, Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 5 tahun 2022 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras.

Harga acuan pembelian di tingkat produsen ditetapkan Rp21 ribu-Rp23 ribu per kg. Sementara, harga acuan penjualan di tingkat konsumen Rp36.750 per kg.

"Kita juga minta agar produsen daging ayam segar dan daging ayam beku (frozen) dapat terus memasok kebutuhan penjual ayam di pasar tradisional maupun ritel modern dan pengusaha ritel modern menambah stok daging ayam beku (frozen) untuk memenuhi kebutuhan konsumen," ujarnya.

Jokowi pernah menyinggung lonjakan harga ayam yang terjadi belakangan ini sudah terlalu tinggi, jauh melesat dari harga normal.

"Biasanya di harga Rp30 ribu, Rp32 ribu. Ini sudah mencapai Rp50 ribu. Naiknya terlalu tinggi," kata Jokowi saat berkunjung ke Pasar Palmerah awal pekan ini.

Ia akan mengecek apa masalah yang menjadi pemicu lonjakan harga daging ayam tersebut.

"Mungkin ada problem di supply-nya, pasokannya. Mungkin karena (Iduladha)," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)




bab terbaru:heylink.me slot gacor

Perbarui waktu:2024-06-22

Daftar bab terbaru
situs gacor gampang menang
star777
pinjam uang kredivo
yakuza303
idngol
pinjam uang dana
deposit 5000 bonus new member
erek67
super 88 slot login
Daftar isi semua bab
Bab 1 mansion77
Bab 2 max slot vip 777
Bab 3 jpcash
Bab 4 mega388
Bab 5 rtp dewapoker
Bab 6 permainan slot yang gacor hari ini
Bab 7 persyaratan shopee pinjam
Bab 8 gacor maxwin
Bab 9 bonus new member 25 25
Bab 10 gambar kakek zeus
Bab 11 cebanqq
Bab 12 slotonline303
Bab 13 auroratoto2
Bab 14 nama ff kakek zeus
Bab 15 m11toto
Bab 16 slot gila maxwin
Bab 17 kredit iphone di kredivo
Bab 18 game slot yang gacor malam ini
Bab 19 jp gacor slot
Bab 20 rtp premium303
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2980bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Ahli alkimia

lgo188
Pada acara puncak, JMFW 2024 akan menampilkan rangkaian kegiatan seperti peragaan busana (trunk show), pameran dagang (trade show), dan penjajakan bisnis.
Menteri Perdagangan Zukifli Hasan saat peluncuran Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 di Jakarta. (Foto: Arsip KEMENDAG)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meluncurkan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 di Jakarta, Jumat (23/6). Acara ini mengangkat tema "Discover Indonesian Modest Fashion Excellence".

Melalui JMFW 2024, Zulkifli mengajak semua pihak dan buyer internasional melihat secara langsung modest fashion Indonesia yang luar biasa, baik dari sisi desain, keragaman corak, serta warna dan budaya yang melatarbelakangi.

"Penyelenggaraan JMFW tahun ini sekaligus merupakan salah satu program prioritas pemerintah sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan modest fashion Indonesia di kancah global," kata dikutip Senin (26/6).

"Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi ajang jejaring kerja sama antara industri modest fashion dengan industri terkait di dalam dan luar negeri, serta tentunya dengan buyer internasional," tambahnya.

Menurut dia, visi mewujudkan Indonesia sebagai salah satu barometer modest fashion dunia dapat dicapai lebih cepat jika dilakukan bersama-sama dan didukung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder).

Untuk itu, selain Kantor Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Kemendag juga menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi; pelaku usaha; akademisi, serta media untuk berkolaborasi.

Zulkifli juga mengungkapkan, produk modest fashion merupakan salah satu sektor industri yang menjadi fokus pemerintah untuk didorong ekspor dan penguatan industrinya.

Pada 2022, produk modest fashion menyumbang 3,5 persen terhadap ekspor nonmigas Indonesia. Di tahun tersebut, ekspor produk modest fashion Indonesia tumbuh 12,6 persen dibanding tahun 2021.

Tren ekspor produk modest fashion selama lima tahun terakhir (2018-2022) juga tercatat positif 2,6 persen. Selain itu, konsumsi modest fashion dunia diproyeksikan meningkat 6,1 persen dalam lima tahun hingga mencapai US$ 375 miliar pada 2025.

Untuk meraih peluang ekspor modest fashion Indonesia ke pasar global, lanjut Zulkifli, Kemendag menggagas pelaksanaan JMFW sejak 2021. Hal ini merupakan wadah untuk mempromosikan modest fashion Indonesia dengan berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan di sektor modest fashion.

"Saya optimis, dengan segala upaya yang kita lakukan bersama-sama ditunjang dengan potensi keragaman budaya, kearifan lokal, serta sumber daya manusia yang dimiliki,modest fashion Indonesia tidak hanya mampu menginspirasi dunia, tetapi juga dapat menguasai pasar global," kata Zulkifli.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Perdagangan, Juan Permata Adoe mengatakan, industri modest fashion memiliki multiplier effect dalam memajukan industri lainnya seperti industri kosmetik, obat-obatan, dan jamu. 

"Saat ini modest fashion Indonesia menempati peringkat ke-5. Ini harus kita tingkatkan lagi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan akan terus berlanjut setiap tahunnya karena kami yakin kegiatan ini memberikan dampak positif bagi industri lainnya," ujar Juan.

Pada acara puncak, JMFW 2024 akan menampilkan rangkaian kegiatan seperti peragaan busana (trunk show), pameran dagang (trade show), dan penjajakan bisnis (business matching).

Peluncuran JMFW 2024 dimeriahkan dengan parade busana yang menampilkan karya 10 desainer yaitu Lisa Fitria, Danjyo Hiyoji, Kami., Buttonscarves, Nada Puspita, Aldrie, Artkea Bloom, Kursien Karzai, Brilianto, dan Ayu Dyah Andari.

Sebelumnya, JMFW 2023 menampilkan 144 desainer/jenama dengan lebih dari 1.000 koleksi. Pelaksanaan JMFW 2023 berhasil membukukan transaksi dagang sekitar Rp206,6 miliar dari 16 negara antara lain Malaysia, Spanyol, Yaman, Portugal, dan Nigeria.

(inh/inh)

Iblis leluhur dari dunia penyihir

trik slot pg
Kemenhub memastikan KA Argo Parahyangan bakal terus beroperasi meski ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).
Kemenhub memastikan KA Argo Parahyangan bakal terus beroperasi meski ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (Foto: CNN Indonesia/Farida)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan Kereta Api (KA) Argo Parahyangan bakal terus beroperasi meski adaKereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

"Gopar (Argo Parahyangan) tetap beroperasi. Jalurnya beda, layanannya beda, pangsa pasarnya juga beda," tegas Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Risal Wasal kepada CNNIndonesia.com, Selasa (27/6).

Nasib kereta ini menjadi tanda tanya seiring dengan kehadiran kereta cepat. Pasalnya, KCJB bisa jadi opsi transportasi publik baru bagi penumpang perjalanan Jakarta ke Bandung, atau sebaliknya.

Budi juga mengaku butuh melakukan survei untuk mengetahui apakah penumpang KA Argo Parahyangan akan beralih memilih kereta cepat.

Di lain sisi, ia menyebut izin operasional KCJB baru akan terbit paling lambat 1 Oktober 2023. Budi mengatakan pihaknya masih harus bekerja sama dengan Prancis untuk melakukan pengamatan terhadap kesiapan kereta cepat tersebut.

Ia merinci tiga aspek keselamatan yang perlu ditinjau dari KCJB.Pertama, keselamatan atas keretanya sendiri, di mana menurutnya keselamatan kereta cepat sudah aman dan tidak kalah dari kereta di negara-negara lain.

Kedua, prasarana. Budi mengatakan prasarana KCJB sudah aman. Ia menyebut setidaknya aspek ini terlihat dari tidak adanya getaran yang dirasakan saat menaiki kereta tersebut. Ketiga, terkaitsound barrieratau pencegahan kebisingan.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyebut pemerintah bakal menggratiskan uji coba kereta cepat hingga Oktober 2023. Namun, uji coba cuma-cuma ini dibatasi untuk mereka yang tinggal di sekitar rel kereta cepat.

"Jadi tadi Presiden (Joko Widodo) sudah kasih instruksi bahwa kami berikan rakyat kita sepanjang rel kereta api ini untuk mencoba secara gratis dan itu kami harapkan Juli sudah bisa dilakukan," kata Luhut dalam konferensi pers di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Kamis (22/6).

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Kiamat Pembunuh

v88togel
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengklaim Tol Cisumdawu bakal berkontribusi 6 persen pada pertumbuhan ekonomi Jabar tahun ini.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengklaim Tol Cisumdawu bakal berkontribusi 6 persen pada pertumbuhan ekonomi Jabar tahun ini. (CNNIndonesia/Mundri Winanto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur Jawa Barat(Jabar) Ridwan Kamil menyebut jalan Tol Cileunyi- Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) bakal berkontribusi 6 persen pada pertumbuhan ekonomi Jabar tahun ini.

"Saat ini pembangunan Tol Cisumdawu sudah mendekati 100 persen selesai dan ditargetkan beroperasi Juli 2023," katanya dikutip dari Antara, Selasa (27/6).

Ekonomi Jabar tumbuh sebesar 4,61 persen pada kuartal keempat 2022 secara tahunan (yoy). Sepanjang 2022, ekonomi Jabar tumbuh sebesar 5,45 persen atau meningkat 3,74 persen dibandingkan 2021.

Lihat Juga :
Kemenhub Pastikan Argo Parahyangan Tetap Jalan Meski Ada Kereta Cepat

Menurutnya, pihaknya berkomitmen memeratakan pembangunan melalui konektivitas wilayah, di antaranya dengan membangun jalan tol. Melalui jalan tol, distribusi logistik antardaerah akan lebih cepat dan menciptakan banyak manfaat yang nyata dirasakan masyarakat.

"Jabar provinsi, salah satu yang paling banyak mendapatkan benefit PSN. Kereta Cepat (KCJB) Agustus akan dimulai operasinya, Tol Cisumdawu akan diresmikan, Bandara Kertajati sudah (berjalan), " katanya.

Ia menambahkan PSN lain di Jabar antara lain Pelabuhan Patimban tahap satu sudah berjalan, 9 ruas jalan tol, dan 7 bendungan. Semua proyek itu dibuat semata-mata untuk menggerakkan ekonomi.

"Berkat PSN, kita ini surplus beras sampai 1,3 juta ton. Tanpa bendungan dari PSN, mimpi swasembada ini mungkin tidak terkejar," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

Setan menerangi surga

slot mudah daftar
Sejumlah harga bahan pokok naik jelang Hari Raya Iduladha yang jatuh pada Kamis (29/6). Harga pangan yang naik di antaranya daging ayam, cabai hingga bawang.
Sejumlah harga bahan pokok naik jelang Hari Raya Iduladha yang jatuh pada Kamis (29/6). Harga pangan yang naik di antaranya daging ayam, cabai hingga bawang. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah harga bahan pokoknaik jelang Hari RayaIduladha yang jatuh pada Kamis (29/6). Harga pangan yang naik di antaranya daging ayam, cabai hingga bawang.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional yang dikutip pada Selasa (27/6), rata-rata harga pangan pada Senin (26/6) kemarin mengalami kenaikan.

Tercatat, daging ayam segar naik 1,13 persen atau Rp450 per kilogram (kg) menjadi Rp40.250 per kg. Padahal, bulan lalu, harganya masih berkisar Rp38 ribu - Rp39 ribu per kg.

Cabai merah besar, cabai merah keriting dan cabai rawit hijau juga naik masing-masing menjadi Rp49.450 per kg, Rp47.300 per kg, dan Rp40.450 per kg.

Mengikuti, harga bawang merah juga naik 0,74 persen atau Rp300 per kg menjadi Rp41.100 per kg.

Sementara, berdasarkan Info Pangan Jakarta, harga ayam ras juga naik Rp64 per kg menjadi Rp41.214 per kg. Diikuti dengan telur ayam ras naik Rp47 menjadi Rp31.261 per kg.

Tak hanya itu, cabai merah keriting naik Rp972 menjadi Rp39.568 per kg, cabai merah besar naik Rp1.235 menjadi Rp48.113 per kg, dan bawang putih naik Rp136 menjadi Rp38.636 per kg.

Harga daging kambing juga naik Rp1.082 menjadi Rp146.851 per kg. Selanjutnya, gula pasir dan tepung terigu makin mahal masing-masing menjadi Rp14.806 per kg dan Rp11.125 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Rel Bisnis

pusat slot 88
Sebanyak 1.000 hektare lahan di Bangli dan Buleleng, Bali, disiapkan untuk penanaman bawang putih demi menyetop impor komoditas tersebut.
Ilustrasi. Bali berangan-angan setop impor bawang putih. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur Bali Wayan Koster berencana menghentikan masuknya bawang putih impor ke Pulau Dewata dengan menyiapkan 1.000 hektare lahandi Bangli dan Buleleng lahan buat penanaman komoditas tersebut.

Mulanya, ia menyampaikan sembilan komoditas strategis pangan di Pulau Bali, yaitu, padi, jagung, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe besar, daging sapi, daging kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras.

Dari sembilan komoditas itu, ia menyebut hanya bawang putih yang defisit.

Kemudian, saat ditelusuri kenapa defisit bawang putih karena petani enggan menanam bawang putih karena masyarakat lebih memilih bawang putih impor yang jauh lebih murah.

"Usut punya usut, kenapa defisit? Saya memanggil Kepala Dinas Pertanian, apakah alat kita ini tidak cocok [untuk] bawang putih? Cocok."

"Kenapa jadi defisit? Karena petani kita tidak mau nanam bawang putih. Karena harganya lebih tinggi dari bawang putih impor. Masyarakat lebih memilih beli bawang putih impor daripada bawang putih produk lokal petani Bali, gila enggak?" cetus dia.

Lihat Juga :
ANALISISPiala Dunia U-20 Batal di RI usai Tolak Israel, Ada Efek ke Palestina?

Pihaknya pun meminta Kepala Dinas Pertanian Bali untuk menanam bawang putih lokal Bali agar tidak defisit dan menyiapkan 1.000 hektare lahan di Kabupaten Bangli dan Kabupaten Buleleng, Bali.

"Maka saya minta Kepala Dinas Pertanian tanam bawang putih. Berapa perlunya sampai kita tidak defisit, 1000 hektare," ungkap Koster.

"Di mana tempatnya? Di Bangli, di Buleleng. Saya waktu kecil nanam bawang putih. Jadi saya tahu iklimnya cocok. Bangli apalagi itu, di Kintamani luar biasa, bawang putih bawang merah," tutur dia.

"Jadi, kita akan menanam bawang putih dan panennya dalam waktu tiga bulan. Begitu ini bisa memenuhi syarat, jumlahnya memenuhi kebutuhan domestik, maka saya tidak akan lagi mengizinkan masuknya bawang putih ke Bali. Ngapain kita punya alat sendiri kok, kita beli bawang putih dari luar," jelasnya.

Ia mengakui potensi harga bawang putih lokal lebih tinggi. Namun, Koster menilai petani Bali bisa sejahtera dan ekonomi bisa berputar dengan baik.

"Meskipun harganya lebih tinggi tapi yang sejahtera petani kita. Ekonominya mutardi Bali. Kalau kita beli bawang putih dari impor, siapa yang kita sejahterakan. Kalau petani kita sejahtera kan ekonomi mutar di sini, kalau impor kan yang sono yang sejahtera, ngapain," katanya.

"Bahwa Provinsi Bali sangat siap untuk menjadi pulau yang berdaulat di bidang pangan. Produksi bawang putih akan kita tingkatkan terus ke depan supaya kita tidak lagi defisit bawang putih dan produk lainnya," ujarnya.

Dengan program ini, kader PDIP yang pernah menolak kedatangan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 tersebut menargatkan Bali menyetop impor bawang putih tiga tahun lagi.

Lihat Juga :
20 Persen Kebutuhan Gula Konsumsi RI Berasal dari Impor

"Sudah mulai di Karangasem. Sekarang sudah menanam kemarin 100 hektare (tanam bawang putih) sekarang 100 hektar lagi. Paling lama tiga tahun lagi bisa (bebas impor bawang putih)," tandas dia.

(kdf/arh)

Petani terkuat

pembayaran kredivo di tokopedia
Kemenhub memastikan KA Argo Parahyangan bakal terus beroperasi meski ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).
Kemenhub memastikan KA Argo Parahyangan bakal terus beroperasi meski ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (Foto: CNN Indonesia/Farida)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan Kereta Api (KA) Argo Parahyangan bakal terus beroperasi meski adaKereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

"Gopar (Argo Parahyangan) tetap beroperasi. Jalurnya beda, layanannya beda, pangsa pasarnya juga beda," tegas Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Risal Wasal kepada CNNIndonesia.com, Selasa (27/6).

Nasib kereta ini menjadi tanda tanya seiring dengan kehadiran kereta cepat. Pasalnya, KCJB bisa jadi opsi transportasi publik baru bagi penumpang perjalanan Jakarta ke Bandung, atau sebaliknya.

Budi juga mengaku butuh melakukan survei untuk mengetahui apakah penumpang KA Argo Parahyangan akan beralih memilih kereta cepat.

Di lain sisi, ia menyebut izin operasional KCJB baru akan terbit paling lambat 1 Oktober 2023. Budi mengatakan pihaknya masih harus bekerja sama dengan Prancis untuk melakukan pengamatan terhadap kesiapan kereta cepat tersebut.

Ia merinci tiga aspek keselamatan yang perlu ditinjau dari KCJB.Pertama, keselamatan atas keretanya sendiri, di mana menurutnya keselamatan kereta cepat sudah aman dan tidak kalah dari kereta di negara-negara lain.

Kedua, prasarana. Budi mengatakan prasarana KCJB sudah aman. Ia menyebut setidaknya aspek ini terlihat dari tidak adanya getaran yang dirasakan saat menaiki kereta tersebut. Ketiga, terkaitsound barrieratau pencegahan kebisingan.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyebut pemerintah bakal menggratiskan uji coba kereta cepat hingga Oktober 2023. Namun, uji coba cuma-cuma ini dibatasi untuk mereka yang tinggal di sekitar rel kereta cepat.

"Jadi tadi Presiden (Joko Widodo) sudah kasih instruksi bahwa kami berikan rakyat kita sepanjang rel kereta api ini untuk mencoba secara gratis dan itu kami harapkan Juli sudah bisa dilakukan," kata Luhut dalam konferensi pers di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Kamis (22/6).

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)