petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:isj8.kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

operatoto

marontoto 99Jutaan kata 82010Orang-orang telah membaca serialisasi

《operatoto》

IHSG Diprediksi Melemah, Investor Masih Tunggu Data Ekonomi AS******

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Kamis (24/11).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Kamis (24/11). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Kamis (24/11). Pelemahan disebabkan lantaran para investor masih akan mencermati beberapa rilis data ekonomi dari Amerika Serikat.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengungkapkan saat ini secara teknikal candlestick membentuk lower high dan lower low menguji support MA50.

"Artinya, hal ini mengindikasikan potensi pelemahan akan terjadi di rentang yang cukup terbatas," kata Dennies dikutip dari riset hariannya.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi pergerakan IHSG cenderung melemah.

William mengatakan pergerakan IHSG terlihat sedang mengalami teknikal rebound pasca terkonsolidasi beberapa waktu sebelumnya.

Ia menilai selama resisten level terdekat belum mampu ditembus maka IHSG masih memiliki potensi untuk bergerak sideways.

Lihat Juga :
Ekonom Ramal Ekspor RI Melambat di 2023, Surplus Perdagangan Turun

"Namun para investor asing masih mencatatkan capital inflow secara ytd (year to date) sedangkan fluktuasi nilai tukar rupiah juga turut membayangi pergerakan IHSG," tutur William. Ia memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support 6.921 dan resistance 7.152

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan ITMG, BMRI, CTRA, BBRI, SMRA, AALI, TBIG.

IHSG ditutup di level 7.054 pada Rabu (23/11). Indeks saham menguat 23.535 poin atau plus 0,33 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11.137 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24.392 miliar saham. Pada penutupan kali ini, 249 saham menguat, 255 terkoreksi. 

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Jaya Bersama Bursa Asing, IHSG Menguat ke 7.054******

IHSG ditutup di level 7.054 pada Rabu (23/11), menguat 23.535 poin atau plus 0,33 persen dari perdagangan sebelumnya.
(IHSG ditutup di level 7.054 pada Rabu (23/11), menguat 23.535 poin atau plus 0,33 persen dari perdagangan sebelumnya. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 7.054 pada Rabu (23/11). Indeks saham menguat 23.535 poin atau plus 0,33 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11.137 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24.392 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 249 saham menguat, 255 terkoreksi, dan 199 lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia cenderung menguat. Tercatat Nikkei 225 di Jepang naik 0,61 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong naik 0,47 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan menguat 0,53 persen.

Serupa, bursa saham Eropa terpantau dominan menguat. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris naik 1,03 persen, indeks CAC 40 di Prancis menguat 0,35 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 0,29 persen.

Beralih ke bursa Amerika juga tampak menguat. Indeks S&P 500 naik 1,36 persen, indeks NYSE Composite bertambah 1,33 persen, dan indeks NASDAQ Composite menguat 1,36 persen.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/agt)

Harga Aset Kripto Kompak Melonjak, Kenaikan BNB Paling Tinggi******

Harga aset kripto menguat berjemaah dalam 24 jam terakhir. BNB menjadi kripto dengan kenaikan harga yang paling tinggi.
Harga aset kripto menguat berjemaah dalam 24 jam terakhir. BNB menjadi kripto dengan kenaikan harga yang paling tinggi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga asetkripto menguat berjemaah dalam 24 jam terakhir. BNB menjadi kripto dengan kenaikan harga yang paling tinggi.

Mengutip coinmarketcap.com, Kamis (24/11), BNB melonjak 10,45 persen dalam 24 jam terakhir dan naik 10,08 persen dalam 7 hari terakhir. Kripto itu ada di level US9,8 per keping.

Dogecoin yang tumbuh 3,47 persen dalam 24 jam terakhir ke USIHSG Diprediksi Berotot Sambut Musim Bagi******

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Jumat (25/11).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Jumat (25/11). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Jumat (25/11).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengungkapkan saat ini secara teknikal candlestickmembentuk higher highdan higher low. Terlebih disertai dengan volume yang cukup tinggi mengindikasikan potensi penguatan dalam jangka pendek.

"IHSG diprediksi menguat," kata Dennies dikutip dari riset hariannya.

Dennies memperkirakan indeks saham akan bergerak dalam rentang support7.099 dan resistance7.064.

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya berpendapat berbeda. Ia memperkirakan pergerakan IHSG cenderung berpotensi melemah.

Menurutnya, perjalanan IHSG di akhir pekan masih terlihat cenderung terkonsolidasi dengan potensi tekanan yang mulai menurun.

Lihat Juga :
Luhut Ungkap 29 Ton Garam Ditebar Tolak Hujan di Gala Dinner G20

"Hari ini IHSG akan cenderung bergerak sideways. Peluang naik mulai terlihat walaupun masih berada dalam rentang terbatas," tutur William.

Ia menilai jika IHSG berhasil ditutup dan dipertahankan diatas resisten level terdekat maka peluang kenaikan jangka pendek masih terbuka lebar.

"Namun sentimen dari fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga penghujung tahun," tuturnya.

Ia memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentangsupport6.921 dan resistance7.152

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan AALI, BBCA, ITMG, BBRI, ASII, GGRM, SMRA.

IHSG ditutup di level 7.080 pada Kamis (24/11). Indeks saham menguat 26.392 poin atau plus 0,37 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10.615 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 40.139 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 253 saham menguat, 270 terkoreksi, dan 179 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/sfr).082 per keping. Tepat di belakangnya ada ethereum yang menguat 3,66 persen dalam semalam ke posisi US,200 per keping.

XRP berada di level USInvestasi di Indonesia Diramal Masih Tumbuh Meski Global Melambat******

Ekonom Senior CORE Hendri Saparini memproyeksi investasi global pada 2023 bakal melambat. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi di Indonesia.
Ekonom Senior CORE Hendri Saparini memproyeksi investasi global pada 2023 bakal melambat. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi di Indonesia. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonom Senior Center of Reform on Economics (CORE) Hendri Saparini memproyeksi investasi global pada 2023 bakal melambat. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi di Indonesia.

Investasi global sejak awal 2022 tumbuh tinggi, tapi akan sedikit menurun pada tahun depan akibat perlambatan ekonomi dunia. Meski demikian investasi langsung di Indonesia masih tumbuh tinggi karena karakteristik dan dukungan lingkungan bisnis yang ada.

"Karena memang (investasi) yang masuk ke Indonesia itu lebih pada investasi di sektor yang sifatnya long term, di sisi sektor-sektor primer, dan faktor-faktor yang terjadi saat ini tidak akan menjadi penentu. Misalnya di sektor tambang, perkebunan, ini adalah sektor-sektor yang return-nya tinggi," katanya dalam CORE Economic Outlook 2023: Harnessing Resilience against Global Downturn, Rabu (23/11).

Direktur Eksekutif CORE Mohammad Faisal menambahkan investasi tahun depan akan kembali menjadi penyumbang kedua terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Faisal menyebut, investasi memang menjadi penyumbang produk domestik bruto (PDB) kedua terbesar RI sebelum pandemi Covid-19. Namun, pandemi dan resesi 2020 membuat investasi turun dan posisinya digantikan net exports.

Investasi dipercaya bakal kembali ke posisinya karena tidak banyak terganggu oleh tekanan ekonomi global.

"Sampai dengan tahun ini (investasi) relatif tinggi di kisaran 4 persen. Walaupun jika dibandingkan dengan pra-pandemi yang sempat di atas 6 persen, tapi kalau melihat di berbagai indikator, mulai dari impor barang produktif masih terus meningkat, bahan baku, barang penolong, barang modal juga begitu," jelasnya.

Ia menilai konsistensi kebijakan hilirisasi nikel juga berdampak terhadap investasi di industri turunan nikel dan juga pada sektor jasa.

Lihat Juga :
Pulau Widi Akan Dilelang Situs Asing, Jubir Luhut Ancam Pengelola

Meski ada kekhawatiran menjelang tahun politik, Faisal menganggap dampaknya terhadap investasi tidak terlalu besar. Bahkan, di beberapa kasus investasi malah cenderung meningkat menjelang tahun politik.

Dilihat dari sektor investasi, baik primer, sekunder, dan tersier terus meningkat. Bahkan, industri manufaktur masih terus tumbuh di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, purchasing managers index (PMI) manufaktur masih di atas 50 sehingga potensi ekspansi masih terbuka di tahun depan.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu).380 per keping menyusul penguatan 0,77 persen dalam semalam. Sementara itu, bitcoin menguat 1,39 persen dalam 24 jam terakhir ke posisi US,701.

Cardano juga tercatat menguat 0,79 persen dalam semalam, berada di level USTiket Kereta Cepat Jakarta******

Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dijual Rp125 ribu-Rp250 ribu pada 3 tahun pertama dan akan dinaikkan jadi Rp150 ribu-Rp350 ribu setelahnya.
Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dijual Rp125 ribu-Rp250 ribu pada 3 tahun pertama dan akan dinaikkan jadi Rp150 ribu-Rp350 ribu setelahnya. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur utama PT Kereta CepatIndonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan tiket kereta cepat Jakarta Bandung(KCJB) dibanderol Rp125 ribu-Rp250 ribu. Harga tiket tersebut berlaku untuk tiga tahun pertama KCJB beroperasi.

KCJB ditargetkan mulai beroperasi pada pertengahan 2023. Setelah tiga tahun, ia mengatakan tiket KCJB akan naik ke Rp150ribu-Rp350 ribu.

Dwiyana menjelaskan KJCB nantinya akan beroperasi mulai pukul 05.30 hingga 22.00 WIB dengan total 68 kereta yang akan beroperasi dalam sehari.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan progres fisik KCJB telah mencapai 81,66 persen per November 2022.

Sementara dari sisi biaya, KCJC mengalami pembengkakan biaya (cost overrun) sebesar US,4 miliar. Cost overrun tersebut dipenuhi melalui skema 25 persen ekuitas dan 75 persen pinjaman.

"Porsi ekuitas Indonesia atas cost overrun proyek KCJB yaitu sebesar US7,5 juta atau Rp3,29 triliun," kata Kartika dalam paparannya.

Sebelumnya, Dwiyana mengatakan butuh 38 tahun untuk mengembalikan modal pembangunan proyek KCJB yang saat ini menjadi sekitar US,5 miliar.

Awalnya, biaya pembangunan KCJB ditetapkan sebesar US,05 miliar. Namun, berdasarkan review terbaru Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), per 15 September 2022 ada pembengkakan anggaran sebesar US,4 miliar, sehingga totalnya menjadi US,5 miliar.

"Jadi sesuai perhitungan FS (feasibility study) itu di 38 tahun (untuk balik modal)," kata Dwiyana dalam Rapat Kerja Komisi VI DPR RI, Rabu (9/11).

[Gambas:Video CNN]

Dengan demikian, target balik modal lebih cepat dibandingkan dengan masa konsesi KCJB di tangan China yang ditetapkan selama 50 tahun. Karena perbedaan ini, Dwiyana menyebutkan akan membahas lagi bersama stakeholderterkait.

Sebab, jika masa konsesi lebih lama dari balik modal, maka pemerintah masih harus membagi keuntungan dengan China meski sudah balik modal.

"Itu yang nanti kita pendalaman lagi dengan Komisi VI. Kita akan sampaikan dulu itu di pedalaman," jelasnya.

Lihat Juga :
Google Akan PHK 10 Ribu Karyawan Berkinerja Buruk
(fby/agt)

[Gambas:Video CNN]
.318 per keping.

Tether masih stabil di level US0,99 per keping dengan pergerakan yang bervariasi. Begitu pun dengan binance USD dan USD coin yang masih stabil di US per keping.



Saat ini, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)




bab terbaru:beli makan pakai kredivo

Perbarui waktu:2024-06-22

Daftar bab terbaru
dunia slot 77
kodok77
trik pola olympus
daftar situs slot terpercaya
rajagacor88
slot auto maxwin
tafsir mimpi islam
new mpo365
semua situs slot nexus
Daftar isi semua bab
Bab 1 2d abjad bergambar
Bab 2 64 togel
Bab 3 coinqqslot
Bab 4 daftar pinjol cair ke e wallet
Bab 5 900 slot
Bab 6 sukabet365
Bab 7 buku erek erek bergambar
Bab 8 vpnslot situs slot deposit pulsa terpercaya 128
Bab 9 jayavegas
Bab 10 17 erek erek togel
Bab 11 bet188
Bab 12 2d abjad togel
Bab 13 syarat pengajuan limit akulaku
Bab 14 shopee bisa pinjam uang
Bab 15 bonus new member 300 persen
Bab 16 kuy138
Bab 17 live draw japan paito pools
Bab 18 7dewa situs slot online
Bab 19 cara menggunakan kupon indomaret dari livin mandiri
Bab 20 pinjaman multiguna home credit
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6187bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Perjalanan ke Barat: Kelahiran Kembali sebagai Iblis

kantor kredivo medan
PT KAI Daop 1 Jakarta menambah 20 perjalanan kereta api (KA) untuk masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.
PT KAI Daop 1 Jakarta menambah 20 perjalanan kereta api (KA) untuk masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT KAI Daop 1 Jakarta menambah 20 perjalanan kereta api (KA) untuk masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Tambahan 20 KA ini bakal beroperasi untuk periode keberangkatan 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023. Perseroan menyediakan 11.480 tiket KA tambahan per hari.

Sebanyak 10 KA tambahan berangkat dari Stasiun Gambir, 8 dari Stasiun Pasarsenen, dan 2 KA tambahan lain berangkat dari Stasiun Jakarta Kota.

"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum rencana tanggal keberangkatan karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih," tulis pernyataan resmi KAI, Senin (28/11).

Perseroan menegaskan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk menggunakan KA jarak jauh, pelanggan berusia 18 tahun ke atas harus sudah mendapatkan vaksin ketiga (booster). Sementara itu, pelanggan usia 6-17 telah melakukan vaksin kedua, sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022.

Lihat Juga :
Daftar UMP 5 Provinsi, Jambi Naik Tertinggi Sampai 9 Persen

Daftar keberangkatan KA tambahan dari Stasiun Gambir:

1. KA 7004A Argo Muria Tambahan relasi Gambir-Semarang Tawang (Keberangkatan pukul 00.35 WIB)
2. KA 7002 Argo Sindoro Tambahan relasi Gambir-Semarang Tawang (Keberangkatan pukul 13.05 WIB)
3. KA 36B Argo Parahyangan Tambahan relasi Gambir-Kiaracondong (Keberangkatan pukul 07.25 WIB)
4. KA 60C Argo Dwipangga Tambahan relasi Gambir-Solo Balapan (Keberangkatan pukul 09.50 WIB)
5. KA 7012C Taksaka Tambahan relasi Gambir-Yogyakarta (Keberangkatan pukul 10.40 WIB)
6. KA 7008B Sembrani Tambahan relasi Gambir-Surabaya Pasarturi (Keberangkatan pukul 16.25 WIB)
7. KA 58C Argo Lawu Tambahan relasi Gambir-Solo Balapan (Keberangkatan pukul 22.50 WIB)
8. KA 7006C Gajayana Tambahan relasi Gambir-Malang (Keberangkatan pukul 23.30 WIB)
9. KA 7026B Taksaka Tambahan relasi Gambir-Yogyakarta (Keberangkatan pukul 23.45 WIB)
10. KA 32A Argo Cheribon relasi Gambir-Cirebon (Keberangkatan pukul 23.55 WIB)

Keberangkatan KA tambahan dari Stasiun Pasarsenen:

1. KA 7032A Kertajaya Tambahan relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi (Keberangkatan pukul 05.30 WIB)
2. KA 162B Tawangjaya Premium relasi Pasar Senen-Semarang Tawang (Keberangkatan pukul 07.30 WIB)
3. KA 7034A Brantas Tambahan relasi Pasar Senen-Blitar (Keberangkatan pukul 12.05 WIB)
4. KA 258C Jaka Tingkir relasi Pasar Senen-Purwosari Keberangkatan pukul 12.50 WIB
5. KA 142C Senja Utama YK relasi Pasar Senen-Yogyakarta (Keberangkatan pukul 19.10 WIB)
6. KA 252A Majapahit relasi Pasar Senen-Malang (Keberangkatan pukul 20.10 WIB)
7. KA 310A Tawang Jaya relasi Pasar Senen-Semarang Poncol (Keberangkatan pukul 21.40 WIB)
8. KA 138D Bogowonto relasi Pasar Senen-Lempuyangan (Keberangkatan pukul 23.00 WIB)

Keberangkatan KA tambahan dari Stasiun Jakarta Kota:

1. KA 260A Kutojaya Utara relasi Jakarta Kota-Kutoarjo (Keberangkatan pukul 04.30 WIB)
2. KA 264 Menoreh relasi Jakarta Kota-Semarang Tawang (Keberangkatan pukul 18.55 WIB)

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Raja Peningkatan yang Tak Terkalahkan

pinjol terbaru 2022
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menetapkan UMP di daerahnya naik 8,01 persen menjadi Rp1.958.169,69 pada 2023 mendatang.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menetapkan UMP di daerahnya naik 8,01 persen menjadi Rp1.958.169,69 pada 2023 mendatang. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menetapkan UMPdi daerahnya naik 8,01 persen menjadi Rp1.958.169,69 pada 2023 mendatang.

Ketentuan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 561/50 Tahun 2022 tentang Upah Minimum Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023.

"Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah Tahun 2023 sebesar Rp.1.958.169,69," bunyi ketentuan tersebut, dikutip Senin (28/11).

"Berpedoman pada struktur dan skala upah sesuai ketentuan peraturan Perundang-undangan," demikian dikutip.

Sejumlah provinsi lainnya juga telah menetapkan kenaikan UMP 2023. Misalnya UMP Yogyakarta yang naik dari naik 7,65 persen menjadi Rp1.981.782,39 dan UMP DKI Jakarta naik 5,6 persen menjadi sebesar Rp4,9 juta pada 2023.

Kenaikan UMP 2023 diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2023.

Peraturan itu berisi beberapa ketentuan soal penentuan upah minimum bagi pemerintah daerah. Kenaikan UMP 2023 dibatasi maksimal 10 persen.

Berdasarkan beleid ini, upah minimum 2023 harus dihitung dengan rumus yang sudah diatur pemerintah.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

peternakan ajaib

888slot
Elon Musk yang memproduksi mobil listrik lewat Tesla mendapat pesaing dari China, yakni Wang Chuanfu. Orang terkaya ke-83 di dunia.
Elon Musk yang memproduksi mobil listrik lewat Tesla mendapat pesaing dari China, yakni Wang Chuanfu. Orang terkaya ke-83 di dunia. (CNNIndonesia/Basith Subastian).
Jakarta, CNN Indonesia--

Keberanian Wang Chuanfu patut diacungi jempol. Sebab, bisnisnya head to headdengan yang dijalani Elon Musk, orang terkayadi dunia, yakni kendaraan listrik atau mobil listrik.

Chuanfu yang saat ini menjadi orang terkaya ke-11 di China atau ke-83 di dunia versi Forbes tercatat mengantongi kekayaan US,8 miliar setara Rp293 triliun.

Chuanfu menggemukkan pundi-pundi kekayaannya dari berjualan mobil listrik BYD. Jangan bayangkan Tesla yang canggih dan dijual selangit oleh Elon Musk ya!

Bagaimana perjalanan Chuanfu merintis bisnis hingga menjadi crazy richChina?

Pria kelahiran Wuwei, Anhui, 8 April 1966 silam, tersebut punya latar belakang berbeda dengan Elon Musk. Jika Musk lahir dari keluarga kaya, tidak demikian halnya dengan Chuanfu.

Ia adalah anak keluarga petani miskin. Saat duduk di bangku SMU, Chuanfu sudah menjadi yatim piatu. Ia diasuh oleh kakak laki-laki dan perempuannya.

Lihat Juga :
Profil Eddy William Katuari, Bos Wings Pemilik The Apurva Kempinski

Usai SMU, ia menempuh pendidikan kimia di Central South Universitydan melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar master pada 1990 dari Beijing Non-Ferrous Research Institute.

Dari sana, ia menghabiskan beberapa tahun sebagai peneliti pemerintah. Barulah pada 1995, ia mulai menapak ke sektor swasta dan mulai mendirikan perusahaannya sendiri, BYD.

Pada 2003 silam, BYD yang merupakan kependekan dari membangun impian Anda, awalnya memproduksi baterai ponsel terbesar di dunia. Lalu, pada 2008, miliarder AS Warren Buffett melalui Berkshire Hathaway membeli lebih dari 10 persen saham BYD.

Chuanfu yang dikenal dengan ide-ide inovatif dan briliannya saat itu sudah mulai mengepakkan sayap bisnis ke sektor otomotif, khususnya mobil listrik.

Lihat Juga :
TAIPANKim Min-Seok, Sukses Jadi Konglomerat Berkat Lagu 'Baby Shark'

Otak encer dan kerja kerasnya berbuah manis. Paruh pertama tahun ini, BYD sudah berhasil menjual 641 ribu unit kendaraan listrik, meski perusahaan hanya mendapat sedikit pengakuan di luar China. Sementara CNBCmelaporkan tahun lalu BYD berhasil menjual 130 ribu unit mobil listrik.

Kesuksesan BYD bukan sekejap mata. Menurut Fortune, BYD mampu membangun baterai tahan lama dan kendaraan listrik yang lebih murah daripada pabrikan Amerika dan Jepang.

"Orang ini (Chuanfu) adalah kombinasi dari Thomas Edison dalam memecahkan masalah teknis dan seperti Jack Welch dalam menyelesaikan apa yang perlu dia lakukan. Saya belum pernah melihat orang seperti ini," tutur Munger tentang Chuanfu kepada Fortune dilansir scmp.com.



Bukan OKB

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Tentara Pembebasan Alien

judi slot gacor terpercaya

Pada awalnya

klik555