petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:isj8.kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rekening bank dibatasi shopee pinjam

cara nyicil hp di lazada 52Jutaan kata 45948Orang-orang telah membaca serialisasi

《rekening bank dibatasi shopee pinjam》

IHSG Layu ke 6.787 di Akhir Pekan******

IHSG ditutup di 6.787 pada Jumat (5/5) melemah 56,39 poin atau minus 0,82 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di 6.787 pada Jumat (5/5) melemah 56,39 poin atau minus 0,82 persen dari perdagangan sebelumnya. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di 6.787 pada Jumat (5/5). Indeks saham melemah 56,39 poin atau minus 0,82 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,99 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16,10 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 151 saham menguat, 374 terkoreksi, dan 197 lainnya stagnan. Terpantau sembilan dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin sektor industri yang anjlok 2,29 persen.

[Gambas:Video CNN]

Sedangkan bursa saham Eropa kompak perkasa. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris plus 0,33 persen, indeks CAC 40 di Prancis merangkak 0,27 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 0,27 persen.

Namun, bursa Amerika serempak loyo. Indeks S&P 500 amblas 0,72 persen, indeks NYSE melemah 0,76 persen, dan indeks NASDAQ Composite anjlok 0,49 persen.



(skt/agt)

Sulaiman Al Rajhi, Taipan Rp112 T yang Pilih Jatuh 'Miskin' Demi Amal******

Sulaiman Al Rajhi, taipan Arab yang 2011 lalu disebut berharta Rp112 triliun rela miskin demi amal karena ia percaya harta hanya titipan Allah.
Sulaiman Al Rajhi, taipan Arab yang 2011 lalu disebut berharta Rp112 triliun rela miskin demi amal karena ia percaya harta hanya titipan Allah. llustrasi. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menikmati kekayaandari hasil kerjakeras di masa tua mungkin itu menjadi impian setiap orang. Tapi itu tidak sama halnya dengan yang dilakukan olehSulaiman Al Rajhi.

Pengusaha sukses Arab itu memilih untuk jatuh miskin lagi dengan menyumbangkan hartanya, baik dalam bentuk uang, saham maupun properti untuk beramal.

Lalu siapa sebenarnya Sulaiman Al Rajhi dan bagaimana dia bisa kaya raya dan menyumbangkan banyak hartanya?

Maklum, Al Rajhi kecil memang berasal dari kalangan keluarga miskin. Karena keadaan tersebut, ia sudah harus bekerja sebagai porter di Pasar Al Khadra Riyadh meski baru berusia 9 tahun.

Di usianya yang masih hijau, ia harus mondar mandir membawa barang belanjaan untuk pembeli di pasar tersebut. Kemudian pada saat usianya menginjak 12 tahun, Al Rajhi harus bekerja sebagai pengumpul kurma dengan bayaran tak lebih dari 6 rial per bulan.

Lihat Juga :
Daftar Teranyar 10 Orang Terkaya RI, Ada 1 Pendatang Baru

Kondisi hidup yang demikian membuatnya juga tidak jarang harus tidur beralas kerikil di tempat kerja. Tak hanya itu, karena kondisi tersebut ia sering tidur dengan mengenakan pakaian yang ia kenakan saat bekerja.

Pada satu titik, Al Rajhi juga pernah bekerja sebagai juru masak di salah satu hotel di Riyadh dan pelayan di salah satu perusahaan kontraktor Saudi dengan bayaran 60 rial sebulan.

Setelah mempunyai tabungan dari hasil jerih payahnya, Al Rajhi banting setir menjadi pedagang grosir minyak tanah impor. Ia kemudian membuka toko kelontong sendiri untuk melancarkan bisnisnya.

Namun, itu tak berlangsung lama. Pada saat berusia 15 tahun, ia memutuskan untuk menjual tokonya. Langkah tersebut dilakukan terkait keputusannya untuk menikah. Ia memerlukan banyak uang untuk biaya pernikahan sehingga harus menjual tokonya dan menguras tabungannya.

Lihat Juga :
TAIPANAbdulsamad Rabiu, Konglomerat Muslim Asal Nigeria Berharta Rp124 T

Usai menikah, Sulaiman bekerja di perusahaan penukaran uang milik saudaranya Saleh Al Rajhi. Kolaborasi Al Rajhi dan saudaranya itu membuahkan hasil gemilang. Berkat kerja sama mereka berdua, usaha jasa penukaran uang berkembang pesat.

Mereka memutuskan untuk membuka cabang baru demi menopang perkembangan usaha tersebut. Namun, perkembangan itu tak lantas membuat Al Rajhi berpuas diri.

Pada 1970, Al Rajhi memutuskan untuk mencari tantangan baru; berpisah dengan saudaranya dan kemudian membuka perusahaan penukaran uang sendiri.

Berkat Kepiawaiannya, bisnis tersebut membuat usahanya berkembang pesat. Hanya dalam waktu singkat, ia berhasil mengembangkan usaha penukaran uang yang dikembangkannya menjadi 30 cabang yang tersebar di seluruh Arab Saudi.

Lihat Juga :
Mengenal Nassim Road, Tempat Taipan RI Beli Rumah Rp2,3 T di Singapura

Bahkan, ia berhasil melebarkan sayap usahanya ke beberapa negara Arab, seperti Mesir dan Lebanon. Setelah sukses dengan pengembangan jasa penukaran uang itu, pada 1978, Al Rajhi kemudian kembali berkolaborasi dengan ketiga saudara; Saleh Al Rajhi, Mohammed Al Rajhi dan Abdullah Al Rajhi membentuk payung Perusahaan Perdagangan dan Penukaran Al Rajhi.

Setelah dua tahun berjalan, perusahaan tersebut berubah nama jadi Al Rajhi Banking and Investment, yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Al Rajhi Bank, salah satu bank syariah terbesar di dunia.

Bank tersebut tumbuh besar hingga memiliki 600 cabang yang tersebar di Arab Saudi, Kuwait, Yordania hingga Malaysia dan memiliki aset hingga US miliar.

Kegemilangan kinerja banknya tersebut membuat kekayaannya melejit. Berdasarkan catatan Forbes, kekayaan Al Rajhi pada 2011 kemarin tembus US,7 miliar. Kalau dirupiahkan dengan kurs Rp14.674 per dolar AS, kekayaan itu tembus Rp112,9 triliun. 

Lihat Juga :
TAIPANLiu Qiangdong, 'Anak Ubi Jalar' Berharta Rp190 T dari China

Namun, pada 2015 kekayaan itu turun menjadi tinggal US,1 miliar atau Rp30,8 triliun. Penurunan kekayaan terjadi setelah 2011 lalu, Al Rajhi menyatakan komitmennya untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk amal, mendanai upaya pengentasan kelaparan dan pendidikan di Arab Saudi. 

Puncak dari komitmen itu, ia mentransfer 20 persen sahamnya di Al-Rajhi Bank pada 2013 lalu ke lembaga amal. 

Karena amalnya tersebut, Al Rajhi harus rela terlempar dari daftar orang kaya versi Forbes.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Undangan Pemerintah Arab dan Hiburan Tak Sesuai Syariat Islam

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Saudagar Muslim Sebut Gangguan BSI Lumpuhkan Ekonomi Aceh******

Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Aceh mengatakan ekonomi Aceh lumpuh akibat gangguan layanan BSI sejak Senin (8/5) hingga Selasa (9/5).
Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Aceh mengatakan ekonomi Aceh lumpuh akibat gangguan layanan BSI sejak Senin (8/5) hingga Selasa (9/5). (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Provinsi Aceh Nurchalis mengatakan gangguan layanan perbankan yang terjadi pada PT Bank Syariah Indonesia (BSI) sejak Senin (8/5) hingga Selasa (9/5) ini telah melumpuhkan ekonomidi Bumi Nanggore Aceh Darussalam.

Maklum, sejak Pemda Aceh memberlakukan Qanun Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah sejak 2021 lalu, semua bank konvensional yang tak memiliki unit syariah harus hengkang dari Aceh. Alhasil, masyarakat Aceh harus bertumpu kepada layanan perbankan syariah dalam kegiatan ekonomi sehari-hari mereka.

Ketika layanan bank syariah bermasalah, otomatis kehidupan mereka akan terganggu.

Menurutnya, dampak dari gangguan layanan perbankan dengan alasan 'maintenance'tersebut, telah menyebabkan ratusan ribu masyarakat Aceh tidak bisa melakukan transaksi ekonomi melalui perbankan.

Pasalnya, imbas gangguan, layanan BSI tersebut tidak bisa diakses sama sekali.

Akibat hal tersebut, banyak kalangan pelaku usaha di Aceh yang mengalami kerugian besar karena sebagian besar masyarakat dan pelaku usaha di Aceh menggunakan layanan PT Bank Syariah Indonesia untuk melakukan transaksi keuangan.

Lihat Juga :
Dalih BSI soal Nasabah Sulit Ambil Uang dan Bertransaksi Senin Kemarin

Selain itu, kata Nurchalis, banyak kalangan mahasiswa dan orangtua di Aceh yang tidak bisa mengirim uang melalui rekening BSI. Ia mengatakan harusnya jauh-jauh hari sebelumnya manajemen dan direksi BSI memperhitungkan secara matang dampak pemeliharaan jaringan yang mereka lakukan.

"Perbankan merupakan faktor utama dalam menggenjot ekonomi, namun di Aceh malah menyebabkan kerugian di masyarakat, karena akses perbankannya tidak bisa diakses publik," kata Nurcahlis.

Untuk itu, ia mendesak Pemerintah Aceh agar segera mengambil langkah secara tepat dan terukur, agar persoalan ini segera teratasi dan masyarakat di Aceh segera bisa melakukan transaksi keuangan melalui perbankan.

Nurchalis juga mendesak kepada Direksi PT Bank BSI agar dapat mempertanggungjawabkan lumpuhnya perekonomian masyarakat di Aceh dengan menjelaskan kepada publik secara detail dan terbuka soal masalah yang terjadi. Termasuk, kesanggupan mereka melayani masyarakat.

"Sanggup kah BSI memberi pelayanan terbaik bagi Aceh, jangan sekadar memberi alibi. Kalau tidak sanggup beri pelayanan yang profesional, kami minta agar BSI tidak lagi beroperasi di Aceh karena persoalan ini sangat merugikan semua pihak termasuk masyarakat Aceh," kata Nurchalis.

Ia juga mendesak kepada kalangan legislatif di Aceh dan Pemerintah Aceh agar bersama-sama mencari solusi terhadap persoalan tersebut, sehingga akses perbankan di Aceh kembali normal.

ISMI juga meminta kepada Pemerintah Aceh dan pemerintah pusat agar kembali mengizinkan layanan perbankan konvensional beroperasi di Aceh, sehingga apabila terjadi kelumpuhan layanan perbankan syariah di Aceh, maka ekonomi masyarakat di Aceh tetap bisa bergerak.

[Gambas:Video CNN]

Sejumlah nasabah BSI mengeluh tak bisa menarik dan bertransaksi di BSI mereka pada Senin kemarin. Di Twitter, keluhan nasabah BSI yang berteriak tidak bisa menarik uang seharian ini trending.

Mereka mengeluhkan gangguan lama terjadi karena belangsung sejak pagi hingga sore. Gangguan tersebut membuat para nasabah kecewa lantaran tidak bisa mengambil dananya.

Pasalnya, selain aplikasi mobile banking error, ATM pun tak bisa dipakai. BSI meminta maaf kepada para nasabah atas gangguan itu.

Mereka menyatakan kejadian itu terjadi karena BSI tengah melakukan sistem pemeliharaan (maintenance system). Akibat proses itu, sistem tidak dapat diakses sementara waktu.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada nasabah atas ketidaknyamanannya dalam melalukan transaksi keuangan pada hari ini," tulis BSI melalui akun Twitter resminya, @bankbsi_id, Senin (8/5) kemarin.

(agt/pta)




bab terbaru:slot 24 jam

Perbarui waktu:2024-06-22

Daftar bab terbaru
cara bayar kredivo di shopee
buku mimpi 2d 10
jadwal slot gacor malam ini
gacor 7
itudomino
babawin demo
ratu ceme slot
slot selalu gacor
slot langsung maxwin
Daftar isi semua bab
Bab 1 info main slot gacor
Bab 2 slot paling bagus dan gacor
Bab 3 akun vip server thailand
Bab 4 situs slot sering jackpot
Bab 5 bizz77game
Bab 6 idxtoto
Bab 7 situs slot aman terpercaya
Bab 8 bo yang sering maxwin
Bab 9 situs terbaru hari ini
Bab 10 gacor 88
Bab 11 suga55
Bab 12 paling gacor hari ini
Bab 13 slot minimal deposit 5000 via ovo
Bab 14 rtp sdtoto
Bab 15 nagamas99
Bab 16 judislot7
Bab 17 pinjaman duit tanpa jaminan
Bab 18 topstar999
Bab 19 situs slot china
Bab 20 game slot terbaik
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2285bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Hati pemain game

heylink bonus new member 25+25
Bappenas menyebut kerusakan jalan parah tak hanya terjadi di Lampung saja. Kerusakan juga dterjadi di daerah lain.
Bappenas menyebut kerusakan jalan parah tak hanya terjadi di Lampung saja. Kerusakan juga dterjadi di daerah lain. ( ANTARA/Akmal Saputra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Jalan rusak dan belum diperbaiki tidak hanya ada di Provinsi Lampung.

Berdasarkan data transportasi darat Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, total panjang jalan rusak di Indonesia mencapai 87.454 kilometer (km). Sementara, untuk kondisi rusak berat, panjang jalannya mencapai 86.844 km.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan jalan dengan kemantapan yang paling minim ada di jalan kewenangan kota/Kabupaten disusul jalan kewenangan provinsi dan nasional.

"Kemudian provinsi masih di angka 72 persen dari target 75 persen. Kabupaten-kota masih 60 persen dari 65 persen," katanya beberapa waktu lalu dalam Rapat Kerja (Raker) dengan komisi XI DPR RI seperti dikutip dari detik.com, Senin (8/5).

Hal ini membuat pemerintah memutuskan ikut membantu anggaran jalan ke daerah dengan mengambil alokasi dari APBN. Pemerintah pusat berencana mengalokasikan tambahan Rp32,7 triliun untuk perbaikan jalan daerah pada 2023.

Angka tersebut ditargetkan dapat memperbaiki 8.000 km jalan-jalan di daerah. Targetnya, dengan anggaran itu kemantapan jalan daerah sebesar 65 persen bisa dicapai.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Blak-blakan Soal Anggaran Pembangunan Jalan Lampung

Adapun jumlah jalan kota/kabupaten rusak berat terpanjang ada di Sumatera Utara, yakni 9.187 km.

Sementara, untuk kewenangan provinsi, daerah dengan jalan rusak berat terpanjang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni 677 km. Sedangkan, untuk kewenangan negara, daerah dengan jalan rusak berat terpanjang ada di provinsi Papua, yakni 278 km.

Berikut daftar daerah dengan kondisi jalan rusak dan rusak berat menurut kewenangannya baik di tingkat nasional, provinsi, maupun kota/kabupaten:

A. Kewenangan nasional:

Kondisi rusak

1. Papua 283 km
2. Kalimantan Timur 224 km
3. Papua Barat 181 km
4. Jawa Timur 163 km
5. Sulawesi Tenggara 147 km

Kondisi rusak berat

1. Papua 278 km
2. Kalimantan Tengah 244 km
3. Papua Barat 143 km
4. Kalimantan Timur 77 km
5. Maluku 55 km

[Gambas:Video CNN]

B. Kewenangan provinsi

Kondisi rusak

1. Papua 289 km
2. Riau 441 km
3. Aceh 361 km
4. Kalimantan Barat 361 km
5. Sulawesi Selatan 309 km

Kondisi rusak berat

1. NTT 667 km
2. Riau 633 km
3. Papua Barat 623 km
4. Sumatera Utara 583 km
5. Sulawesi Tengah 442 km

Lihat Juga :
KAI Diskon Tiket Kereta 20 Persen, Argo Bromo Anggrek Jadi Rp480 Ribu

Kewenangan Kabupaten/Kota

Kondisi rusak

1. Sumatera Utara 5.798 km
2. Lampung 5.402 km
3. Aceh 5311 km
4. Riau 5.277 km
5. Jawa Timur 3.806 km

Kondisi rusak berat

1. Sumatera Utara 9.187 km
2. NTT 6.306 km
3. Papua 4.888 km
4. Kalimantan Tengah 4.579 km
5. Sumatera Barat 4.024 km

(mrh/agt)

[Gambas:Video CNN]

Paman terkuat dalam sejarah

daftar slot tergacor
Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Aceh mengatakan ekonomi Aceh lumpuh akibat gangguan layanan BSI sejak Senin (8/5) hingga Selasa (9/5).
Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Aceh mengatakan ekonomi Aceh lumpuh akibat gangguan layanan BSI sejak Senin (8/5) hingga Selasa (9/5). (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Provinsi Aceh Nurchalis mengatakan gangguan layanan perbankan yang terjadi pada PT Bank Syariah Indonesia (BSI) sejak Senin (8/5) hingga Selasa (9/5) ini telah melumpuhkan ekonomidi Bumi Nanggore Aceh Darussalam.

Maklum, sejak Pemda Aceh memberlakukan Qanun Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah sejak 2021 lalu, semua bank konvensional yang tak memiliki unit syariah harus hengkang dari Aceh. Alhasil, masyarakat Aceh harus bertumpu kepada layanan perbankan syariah dalam kegiatan ekonomi sehari-hari mereka.

Ketika layanan bank syariah bermasalah, otomatis kehidupan mereka akan terganggu.

Menurutnya, dampak dari gangguan layanan perbankan dengan alasan 'maintenance'tersebut, telah menyebabkan ratusan ribu masyarakat Aceh tidak bisa melakukan transaksi ekonomi melalui perbankan.

Pasalnya, imbas gangguan, layanan BSI tersebut tidak bisa diakses sama sekali.

Akibat hal tersebut, banyak kalangan pelaku usaha di Aceh yang mengalami kerugian besar karena sebagian besar masyarakat dan pelaku usaha di Aceh menggunakan layanan PT Bank Syariah Indonesia untuk melakukan transaksi keuangan.

Lihat Juga :
Dalih BSI soal Nasabah Sulit Ambil Uang dan Bertransaksi Senin Kemarin

Selain itu, kata Nurchalis, banyak kalangan mahasiswa dan orangtua di Aceh yang tidak bisa mengirim uang melalui rekening BSI. Ia mengatakan harusnya jauh-jauh hari sebelumnya manajemen dan direksi BSI memperhitungkan secara matang dampak pemeliharaan jaringan yang mereka lakukan.

"Perbankan merupakan faktor utama dalam menggenjot ekonomi, namun di Aceh malah menyebabkan kerugian di masyarakat, karena akses perbankannya tidak bisa diakses publik," kata Nurcahlis.

Untuk itu, ia mendesak Pemerintah Aceh agar segera mengambil langkah secara tepat dan terukur, agar persoalan ini segera teratasi dan masyarakat di Aceh segera bisa melakukan transaksi keuangan melalui perbankan.

Nurchalis juga mendesak kepada Direksi PT Bank BSI agar dapat mempertanggungjawabkan lumpuhnya perekonomian masyarakat di Aceh dengan menjelaskan kepada publik secara detail dan terbuka soal masalah yang terjadi. Termasuk, kesanggupan mereka melayani masyarakat.

"Sanggup kah BSI memberi pelayanan terbaik bagi Aceh, jangan sekadar memberi alibi. Kalau tidak sanggup beri pelayanan yang profesional, kami minta agar BSI tidak lagi beroperasi di Aceh karena persoalan ini sangat merugikan semua pihak termasuk masyarakat Aceh," kata Nurchalis.

Ia juga mendesak kepada kalangan legislatif di Aceh dan Pemerintah Aceh agar bersama-sama mencari solusi terhadap persoalan tersebut, sehingga akses perbankan di Aceh kembali normal.

ISMI juga meminta kepada Pemerintah Aceh dan pemerintah pusat agar kembali mengizinkan layanan perbankan konvensional beroperasi di Aceh, sehingga apabila terjadi kelumpuhan layanan perbankan syariah di Aceh, maka ekonomi masyarakat di Aceh tetap bisa bergerak.

[Gambas:Video CNN]

Sejumlah nasabah BSI mengeluh tak bisa menarik dan bertransaksi di BSI mereka pada Senin kemarin. Di Twitter, keluhan nasabah BSI yang berteriak tidak bisa menarik uang seharian ini trending.

Mereka mengeluhkan gangguan lama terjadi karena belangsung sejak pagi hingga sore. Gangguan tersebut membuat para nasabah kecewa lantaran tidak bisa mengambil dananya.

Pasalnya, selain aplikasi mobile banking error, ATM pun tak bisa dipakai. BSI meminta maaf kepada para nasabah atas gangguan itu.

Mereka menyatakan kejadian itu terjadi karena BSI tengah melakukan sistem pemeliharaan (maintenance system). Akibat proses itu, sistem tidak dapat diakses sementara waktu.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada nasabah atas ketidaknyamanannya dalam melalukan transaksi keuangan pada hari ini," tulis BSI melalui akun Twitter resminya, @bankbsi_id, Senin (8/5) kemarin.

(agt/pta)

Karier hiburan Nona Hou Fu

gacor131
Kemendag dan pengusaha ritel saling bersilang pendapat soal utang Rp344 miliar terkait program minyak goreng murah yang dijalankan beberapa waktu lalu.
Kemendag dan pengusaha ritel saling bersilang pendapat soal utang Rp344 miliar terkait program minyak goreng murah yang dijalankan beberapa waktu lalu. ( REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kisruh antaraKementerian Perdagangan(Kemendag) dan Asosiasi Pengusaha RitelIndonesia (Aprindo) mengenai utang pengadaan minyak gorengmurah sebesar Rp344 miliar pada 2021 lalu belum juga usai.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya belum bisa menerbitkan persetujuan pembayaran utang oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) karena aturan pengadaan minyak murah tersebut sudah tak lagi berlaku.

Karena masalah itu, jika utang dibayarkan dengan menggunakan anggaran negara tidak bisa. Sebab, tidak ada alokasi dana APBN untuk pembayaran utang tersebut.

Menurut Zulhas, BPDPKS sebenarnya mau membayar utang tersebut tetapi masih menunggu payung hukum yang pasti. Pasalnya Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 3 tahun 2022 yang mengatur rafaksi minyak goreng tersebut telah dihapus.

Maka dari itu, Kemendag tengah meminta pendapat dari Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait hal tersebut. Namun, hingga saat ini Kejagung disebut belum memberikan pendapat hukum.

"Kalau sudah ada nanti kita bilang dan bikin surat untuk 'eh bayar nih utangnya'. Jadi bukan Kemendag, kalau kita enggak ada anggarannya," kata Zulhas.

Sementara, Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey sebelumnya mengancam akan berhenti menjual minyak goreng kemasan premium di seluruh gerai ritel anggotanya jika utang tersebut tak kunjung dibayar.

Tak hanya itu, bila perlu pihaknya juga berencana bakal menggugat pemerintah ke jalur hukum jika tak dibayar dalam tiga bulan ke depan.

"Opsi ketiga, kita bisa juga coba memikirkan jalur hukum. Tapi itu langkah yang terakhir sekali," kata Roy usai bertemu dengan pihak Kemendag.

[Gambas:Video CNN]

Sebelum menempuh jalur hukum, Aprindo bakal melakukan dua opsi sembari melihat perkembangan penyelesaian utang. Pertama, mengurangi hingga menghentikan pembelian minyak goreng dari produsen.

Kedua, memotong tagihan ke produsen. Dengan begitu, Aprindo bakal mengurangi pembayaran minyak goreng yang telah dipasok produsen ke peritel.

"Bagi kami sebenarnya disuruh PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara), disuruh gugat, dan sebagainya bukan itu langkah yang bagusnya. Kita kan waktu penugasan (program minyak goreng satu harga) kan tidak pakai hukum, masak mengakhirinya dengan hukum," pungkas Roy.

(ldy/agt)

Orde Langit

sang pemimpi 2d
Sulaiman Al Rajhi, taipan Arab yang 2011 lalu disebut berharta Rp112 triliun rela miskin demi amal karena ia percaya harta hanya titipan Allah.
Sulaiman Al Rajhi, taipan Arab yang 2011 lalu disebut berharta Rp112 triliun rela miskin demi amal karena ia percaya harta hanya titipan Allah. llustrasi. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menikmati kekayaandari hasil kerjakeras di masa tua mungkin itu menjadi impian setiap orang. Tapi itu tidak sama halnya dengan yang dilakukan olehSulaiman Al Rajhi.

Pengusaha sukses Arab itu memilih untuk jatuh miskin lagi dengan menyumbangkan hartanya, baik dalam bentuk uang, saham maupun properti untuk beramal.

Lalu siapa sebenarnya Sulaiman Al Rajhi dan bagaimana dia bisa kaya raya dan menyumbangkan banyak hartanya?

Maklum, Al Rajhi kecil memang berasal dari kalangan keluarga miskin. Karena keadaan tersebut, ia sudah harus bekerja sebagai porter di Pasar Al Khadra Riyadh meski baru berusia 9 tahun.

Di usianya yang masih hijau, ia harus mondar mandir membawa barang belanjaan untuk pembeli di pasar tersebut. Kemudian pada saat usianya menginjak 12 tahun, Al Rajhi harus bekerja sebagai pengumpul kurma dengan bayaran tak lebih dari 6 rial per bulan.

Lihat Juga :
Daftar Teranyar 10 Orang Terkaya RI, Ada 1 Pendatang Baru

Kondisi hidup yang demikian membuatnya juga tidak jarang harus tidur beralas kerikil di tempat kerja. Tak hanya itu, karena kondisi tersebut ia sering tidur dengan mengenakan pakaian yang ia kenakan saat bekerja.

Pada satu titik, Al Rajhi juga pernah bekerja sebagai juru masak di salah satu hotel di Riyadh dan pelayan di salah satu perusahaan kontraktor Saudi dengan bayaran 60 rial sebulan.

Setelah mempunyai tabungan dari hasil jerih payahnya, Al Rajhi banting setir menjadi pedagang grosir minyak tanah impor. Ia kemudian membuka toko kelontong sendiri untuk melancarkan bisnisnya.

Namun, itu tak berlangsung lama. Pada saat berusia 15 tahun, ia memutuskan untuk menjual tokonya. Langkah tersebut dilakukan terkait keputusannya untuk menikah. Ia memerlukan banyak uang untuk biaya pernikahan sehingga harus menjual tokonya dan menguras tabungannya.

Lihat Juga :
TAIPANAbdulsamad Rabiu, Konglomerat Muslim Asal Nigeria Berharta Rp124 T

Usai menikah, Sulaiman bekerja di perusahaan penukaran uang milik saudaranya Saleh Al Rajhi. Kolaborasi Al Rajhi dan saudaranya itu membuahkan hasil gemilang. Berkat kerja sama mereka berdua, usaha jasa penukaran uang berkembang pesat.

Mereka memutuskan untuk membuka cabang baru demi menopang perkembangan usaha tersebut. Namun, perkembangan itu tak lantas membuat Al Rajhi berpuas diri.

Pada 1970, Al Rajhi memutuskan untuk mencari tantangan baru; berpisah dengan saudaranya dan kemudian membuka perusahaan penukaran uang sendiri.

Berkat Kepiawaiannya, bisnis tersebut membuat usahanya berkembang pesat. Hanya dalam waktu singkat, ia berhasil mengembangkan usaha penukaran uang yang dikembangkannya menjadi 30 cabang yang tersebar di seluruh Arab Saudi.

Lihat Juga :
Mengenal Nassim Road, Tempat Taipan RI Beli Rumah Rp2,3 T di Singapura

Bahkan, ia berhasil melebarkan sayap usahanya ke beberapa negara Arab, seperti Mesir dan Lebanon. Setelah sukses dengan pengembangan jasa penukaran uang itu, pada 1978, Al Rajhi kemudian kembali berkolaborasi dengan ketiga saudara; Saleh Al Rajhi, Mohammed Al Rajhi dan Abdullah Al Rajhi membentuk payung Perusahaan Perdagangan dan Penukaran Al Rajhi.

Setelah dua tahun berjalan, perusahaan tersebut berubah nama jadi Al Rajhi Banking and Investment, yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Al Rajhi Bank, salah satu bank syariah terbesar di dunia.

Bank tersebut tumbuh besar hingga memiliki 600 cabang yang tersebar di Arab Saudi, Kuwait, Yordania hingga Malaysia dan memiliki aset hingga US miliar.

Kegemilangan kinerja banknya tersebut membuat kekayaannya melejit. Berdasarkan catatan Forbes, kekayaan Al Rajhi pada 2011 kemarin tembus US,7 miliar. Kalau dirupiahkan dengan kurs Rp14.674 per dolar AS, kekayaan itu tembus Rp112,9 triliun. 

Lihat Juga :
TAIPANLiu Qiangdong, 'Anak Ubi Jalar' Berharta Rp190 T dari China

Namun, pada 2015 kekayaan itu turun menjadi tinggal US,1 miliar atau Rp30,8 triliun. Penurunan kekayaan terjadi setelah 2011 lalu, Al Rajhi menyatakan komitmennya untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk amal, mendanai upaya pengentasan kelaparan dan pendidikan di Arab Saudi. 

Puncak dari komitmen itu, ia mentransfer 20 persen sahamnya di Al-Rajhi Bank pada 2013 lalu ke lembaga amal. 

Karena amalnya tersebut, Al Rajhi harus rela terlempar dari daftar orang kaya versi Forbes.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Undangan Pemerintah Arab dan Hiburan Tak Sesuai Syariat Islam

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

orang-orang yang tersebar dari dinasti selestial

izigaming303
Harga mayoritas kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ambruk pada perdagangan Kamis (11/5) pagi. Hanya BNB dan Cardano yang menguat.
Harga mayoritas kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ambruk pada perdagangan Kamis (11/5) pagi. Hanya BNB dan Cardano yang menguat. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ambruk pada perdagangan Kamis (11/5) pagi. Hanya BNB dan Cardano yang menguat.

Mengutip coinmarketcap, Bitcoin jatuh 0,8 persen ke harga US.473 per keping. Begitu pun Ethereum merosot 0,9 persen ke US.829 per koin.

XRP terkoreksi 0,8 persen ke USSingapura Setop Impor Babi dari Batam Buntut Penyakit Flu******

Singapura menghentikan impor babi asal Pulau Bulan, Batam sejak 23 April 2023 buntut kasus penyakit Flu Babi.
Singapura menghentikan impor babi asal Pulau Bulan, Batam sejak 23 April 2023 buntut kasus penyakit Flu Babi. (REUTERS/LUKAS BARTH).
Jakarta, CNN Indonesia--

Singapuramenghentikanimpor babiasal Pulau Bulan, Batam sejak 23 April 2023.

Larangan impor itu dilakukan buntut temuan Badan Pangan Singapura/Singapore Food Agency (SFA) atas penyakit flu babi (African Swine Fever/ASF)pada sejumlah babi asal Batam.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Batam Rafki Rasyid mengatakan larangan impor itu bisa merugikan peternak hingga Rp28 miliar.

"Jadi jika kami hitung saat ini sudah 14 hari keran ekspor ke Singapura ditutup. Nilai kerugian sementara ini kami perkirakan sekitar Rp28 miliar," kata Rafki dikutip dari detik.com, Senin (8/5).

Meski demikian, pihaknya memaklumi langkah preventif yang dilakukan Singapura demi mencegah penyebaran virus tersebut. Adapun ekspor babi asal Pulau Bulan dikelola oleh PT Indotirta Suaka.

Di sisi lain, Rafki juga menuturkan Kementerian Pertanian (Kementan) telah melakukan serangkaian dialog bersama Singapura agar keran ekspor akan segera dibuka kembali. Ia pun mengapresiasi hal tersebut, sehingga peternak tidak terus merugi.

[Gambas:Video CNN]

"Mudah mudahan ekspor babi dalam bentuk karkas bisa segera berjalan kembali dalam waktu yang cepat," kata Rafki.

Sementara itu, Ketua Gabungan Usaha Peternakan Babi Indonesia (GUPBI) Bali Ketut Hari Suyasa mengatakan flu babi telah masuk ke Indonesia sejak 2019 silam, diawali dari China.

Penyakit ini terbilang cukup berbahaya lantaran daya bunuhnya terhadap babi hampir 100 persen, dengan radius penularannya sekitar 3 kilometer (km).

"Kalau satu (kena flu babi) kandang itu bisa habis semua. Karena belum ada obatnya, tidak ada vaksinnya," katanya.

Lihat Juga :
KAI Diskon Tiket Kereta 20 Persen, Argo Bromo Anggrek Jadi Rp480 Ribu

Meski cukup berbahaya, Hari menekankan penyakit ini tidak akan menimbulkan penyakit pada manusia. Dengan demikian, jika ada masyarakat yang tak sengaja mengonsumsi daging babi yang terjangkit virus tersebut, orang itu akan tetap aman.

"Jadi berbeda dengan meningitis. kalau ASF yang fatal itu di sesama babinya," terangnya.

Selain itu, Hari juga mengatakan virus ASF tidak akan bertahan lama di udara terbuka. Adapun jika daging babi yang terinfeksi ASF terkena sinar matahari dalam beberapa waktu, virus di dalamnya akan mati.

Oleh karena itu, Singapura menyatakan akan kembali membuka keran impor daging babi ke Indonesia dalam bentuk karkas alias daging utuh. Dengan begitu, Singapura masih tetap bisa memenuhi kebutuhan daging babinya sekaligus meminimalisir penyebaran virus tersebut.

Lihat Juga :
TAIPANSulaiman Al Rajhi, Taipan Rp112 T yang Pilih Jatuh 'Miskin' Demi Amal
(mrh/agt)

[Gambas:Video CNN]
,428 per koin. Tren sepekan, koin buatan Ripple Labs ini turun 7,3 persen.

Di jajaran 10 koin papan atas, cuma BNB dan Cardano yang menguat meski tipis saja.

BNB rebound 0,02 persen ke US3 per koin. Kemudian, Cardano juga menguat 0,3 persen ke US<句子>,365 per koin.

Adapun Tether dan USD Coin yang merupakan stable coin, masih setia di harga US per keping. Keduanya berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Penginapan Ruang dan Waktu Super

slot termudah menang