petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:isj8.kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

berapa angka jitu hk malam ini

rtp visa4d 866Jutaan kata 67169Orang-orang telah membaca serialisasi

《berapa angka jitu hk malam ini》

Tol Pasuruan******

PT Waskita Toll Road masih menggratiskan Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) seksi Probolinggo Timur - Gending hingga 11 September 2023.
Ilustrasi. PT Waskita Toll Road masih menggratiskan jalan tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) seksi Probolinggo Timur - Gending hingga 11 September 2023. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Waskita Toll Road melalui anak usahanya, PT Transjawa Paspro Jalan Tol (TPJT), masih menggratiskan Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) seksi Probolinggo Timur - Gending hingga 11 September 2023.

Seksi Probolinggo Timur-Gending dengan panjang 8,57 km telah beroperasi fungsional sejak 17 Agustus 2023.

Pengoperasian fungsional ini dilakukan sebagai bagian dari sosialisasi awal sebelum pengoperasian penuh atau berbayar pada seksi Probolinggo Timur - Gending dalam waktu dekat.

Hingga 3 September 2023, tercatat peningkatan Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) sebesar 14 persen. Peningkatan LHR ini diperkirakan akan terus meningkat meskipun ruas ini telah resmi beroperasi secara penuh atau berbayar.

Direktur Utama WTR Daniel F. Liman menyatakan bahwa peningkatan LHR Paspro menunjukkan antusiasme tinggi masyarakat terhadap seksi Probolinggo Timur-Gending yang telah lama dinantikan sejak pembangunannya.

"Ini juga menjadi harapan bagi kami untuk meningkatkan kualitas layanan kami melalui jalan tol Paspro dalam mempercepat konektivitas antar kota," ujar Daniel.

Lihat Juga :
ANALISISMenakar Magnet Investasi di IKN Usai Aguan Cs Merapat

Ruas Tol Paspro, sebagai bagian dari Tol Transjawa, menciptakan konektivitas bagi masyarakat Jawa Timur, terutama di sekitar Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo.

Tol Paspro menghemat waktu perjalanan dari Pasuruan ke Probolinggo yang sebelumnya memerlukan waktu 2 jam, kini hanya 45 menit.

Dengan akses yang lebih mudah antar daerah, jalan tol Paspro dapat meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur, termasuk sektor pariwisata, seperti Kawasan Strategis Wisata Nasional Bromo - Tengger - Semeru.

Selain Jalan Tol Paspro, Jalan Tol Bocimi juga masih menerapkan tarif gratis pada Seksi Cigombong - Cibadak.



Seksi ini telah beroperasi tanpa tarif sejak 6 Agustus 2023. Antusiasme masyarakat terhadap Jalan Tol Bocimi juga meningkat, dengan peningkatan LHR yang signifikan hingga 39 persen hingga 3 September 2023 sejak pengoperasian seksi Cigombong - Cibadak.

Lokasi strategis Jalan Tol Bocimi di Jawa Barat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, mempersingkat waktu perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi dan sebaliknya dari lebih dari 5 jam menjadi 2,5 jam perjalanan. Efisiensi waktu yang tinggi diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dari berbagai sektor.

"WTR mengapresiasi antusiasme masyarakat atas hadirnya Tol Paspro dan Tol Bocimi. Kami berharap kedua jalan tol ini dapat berkontribusi pada peningkatan perekonomian di provinsi Jawa Timur dan Jawa Barat melalui kemudahan konektivitas yang mempercepat mobilitas masyarakat dan pelaku usaha di kedua provinsi tersebut," tutup Daniel.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)

LKPP Bekukan 16 Ribu Produk Impor, Terbanyak Alkes******

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) membekukan 16 ribu produk impor di e-katalog, paling banyak berupa alat kesehatan (alkes).
Ilustrasi. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) membekukan 16 ribu produk impor di e-katalog, paling banyak berupa alat kesehatan (alkes).(CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) membekukan 16 ribu produk impor di e-katalog, paling banyak berupa alat kesehatan (alkes).

Plt Deputi Bidang Transformasi Pengadaan Digital LKPP Yulianto Prihandoyo menyebut pembekuan dilakukan demi mendorong pembelian barang dan jasa buatan Indonesia.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar kementerian/lembaga (K/L) membeli produk-produk lokal.

"Tentu produk-produk impor tetap boleh tayang (di e-katalog), tapi ter-freeze tidak bisa dibeli. Ini cara kami memastikan dan memberi ruang lebih agar produk-produk dalam negeri terbeli," imbuhnya.

Pernyataan Yulianto itu ada dalam diskusi Road to Business Matching Tahap VI - Indonesia Catalogue Expo and Forum (BM VI - ICEF) yang akan digelar Agustus nanti.

Ia bahkan mewanti-wanti kementerian/lembaga yang mencoba mengakali pengadaan barang dan jasa.

Selain pengamatan langsung LKPP, Yulianto menegaskan ada inspektorat hingga auditor yang ikut memantau transaksi di e-katalog.

Lihat Juga :
Pertamina Tambah Pasokan LPG 3 kg 700 Ribu Tabung

Kehadiran inspektorat dan auditor adalah hasil kerja sama LKPP dengan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK). Harapannya, e-katalog bisa lebih terpercaya.

"Di dunia sudah transparansi ini, sistem yang transparan bisa ditelusuri. Saya sampaikan pesan, jangan coba main-main! Mudah sekali teman-teman aparat tahu siapa, ke mana, dan seterusnya," tegas Yulianto.

"Di katalog kita sudah siapkan fitur lapor. Kami mengundang teman-teman pengguna katalog untuk rajin melaporkan, dari sana kita dapat macam-macam. Titik lemah korupsi itu konon katanya enggak bisa kalau jemaah, bareng-bareng, pasti ada yang enggak kebagian. Yang enggak kebagian (korupsi) silakan lapor dan seterusnya. Intinya kita punya banyak data untuk menjaga supaya belanja negara aman," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Faisal Basri Minta Jokowi Benahi Hilirisasi atau Setop di Nikel******

Ekonom Senior UI Faisal Basri meminta Presiden Joko Widodo untuk segera membenahi hilirisasi. Jika tidak, ia mengimbau program ini cukup berhenti di nikel saja.
Ekonom Senior UI Faisal Basri meminta Presiden Joko Widodo untuk segera membenahi hilirisasi. Jika tidak, ia mengimbau program ini cukup berhenti di nikel saja. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonom Senior Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera membenahi hilirisasi. Jika tidak, ia mengimbau program ini cukup berhenti di nikel saja.

Faisal membedah sengkarut hilirisasi nikel ala Jokowi. Ia menyebut nilai tambah hilirisasi datang dari smelter alias fasilitas pemurnian, di mana rumusnya adalah outputdikurangi input antara.

Output yang dimaksud, antara lain nickel pig iron (NPI), ferronickel, nickel matte, dan lainnya. Sedangkan input antara merupakan bijih nikel.

Ia lantas mengutip data United States Geological Survey (USGS) soal cadangan nikel di seluruh dunia per 2022. Indonesia dan Australia berada di urutan puncak dengan cadangan 21 juta metrik ton.

Tepat di bawah keduanya, ada Brasil dengan 16 juta metrik ton, Rusia 7,5 juta metrik ton, New Caledonia 7,1 juta metrik ton, dan Filipina 4,8 juta metrik ton. Lalu, Kanada punya 2,2 juta metrik ton, China 2,1 juta metrik ton, serta Amerika Serikat 0,37 juta metrik ton.

Namun, umur cadangan nikel Indonesia paling singkat dibandingkan negara-negara lain. Faisal mengatakan ini disebabkan ganasnya pengerukan nikel di tanah air, di mana produksinya menembus 1,6 juta metrik ton per tahun.

Lihat Juga :
Jokowi: Ada yang Tanya ke Saya, RI Dapat Apa dari Hilirisasi Nikel?

"Indonesia paling gila, cuma 13 tahun (umur cadangan nikel), kalau seperti yang sekarang. Ini kan smelter nambah terus, jadi bisa lebih cepat (habis). Pak Jokowi enggak peduli sama itu, dapat Rp510 triliun dengan mengeruk semakin dalam kekayaan kita. Enggak dihitung sebagai ongkos, dampak lingkungannya enggak dihitung, enggak benar," tuturnya.

Faisal membandingkan dengan Australia yang sama-sama punya cadangan 21 juta metrik ton, tetapi produksinya hanya 160 ribu metrik ton per tahun. Dengan begitu, umur cadangan nikel Australia masih bisa bertahan 131 tahun, sehingga manfaatnya masih bisa dicicipi generasi-generasi selanjutnya.

Sementara itu, Filipina yang punya cadangan 4,8 juta metrik ton nikel akan habis dalam 15 tahun mendatang imbas produksi sebesar 330 ribu metrik ton per tahun. Faisal menegaskan nasib nikel Filipina juga dibelenggu China.

"China sekarang, bijih nikelnya hampir semua impor dari Filipina. Nah, yang seperempat jadi segala macam (impor) dari Indonesia. Jadi, smelter di China ada yang tidak memindahkan atau tidak bikin fasilitas baru di Indonesia, mereka mengandalkan pada yang lain-lain," ungkap Faisal.

Lihat Juga :
LRT Jabodebek Beroperasi Hari Ini, Rp5 Ribu hingga Akhir September

Ia pun mengkritik larangan ekspor bijih nikel yang diberlakukan Jokowi. Menurutnya, lebih baik keran ekspor tetap dibuka agar mekanisme pasar berjalan.

Dengan larangan ekspor saat ini, pasokan bijih nikel di pasar internasional merosot sehingga harganya melonjak. Di lain sisi, harga di dalam ambruk karena pasokan melimpah.

"Larangan itu bikin kacau, bikin pasar tidak bekerja. Karena yang paling bagus buat dunia usaha adalah sinyal pasar bagaimana, ini tidak terjadi karena harga ditetapkan pemerintah dengan harga patokan mineral (HPM)," ujarnya.

"HPM menurut saya keliru sekali. Jadi, HPM itu ditetapkan berdasarkan harga timah murni 99 persen di pasar London Metal Exchange (LME) yang harganya puluhan ribu dolar AS. Masa patokan bijih nikel (kadar 1,8 persen-2 persen) pakai harga yang 99 persen? Ya itu dibikin-bikin saja," sambung Faisal.

Bersambung ke laman berikutnya...

Ekspor Feronikel Untungkan China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:link slot paling gacor

Perbarui waktu:2024-06-23

Daftar bab terbaru
idnsport
rtvslot
csb135
rtpslotmpo
cara cek pinjaman kredivo
buku mimpi 1001 togel 4d
erek 32
bandar slot terbesar dan terpercaya
helompo1
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs crack terpercaya
Bab 2 demo slot roma joker
Bab 3 heylink situs slot
Bab 4 seribu mimpi 91
Bab 5 papa4d
Bab 6 slot gacor pagi hari
Bab 7 cara cepat menghasilkan uang banyak
Bab 8 bonus new member to kecil heylink
Bab 9 naga889 slot
Bab 10 mega288 demo
Bab 11 slot gacor terpercaya indonesia
Bab 12 cara pinjam uang di jd id
Bab 13 daftar cicilan akulaku
Bab 14 merdekaspin
Bab 15 slot terbaik gampang menang
Bab 16 slot gacor hari ini gampang menang
Bab 17 erek erek buaya 4d
Bab 18 winfair88
Bab 19 ronaldo slot88 login
Bab 20 erek erek 76 2d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6221bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Dewa Bela Diri Yang Maha Tahu

hacksaw slot indonesia
Kementerian PUPR membeberkan hasil pertemuan dengan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) terkait tol tanpa sentuh (multi lane free flow/ MLFF).
Kementerian PUPR membeberkan hasil pertemuan dengan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) terkait tol tanpa sentuh (multi lane free flow/ MLFF). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membeberkan hasil pertemuan dengan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) terkait multi lane free flow(MLFF) alias tol tanpa sentuh.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan pertemuan digelar hari ini. Kendati, Hedy menyebut pembahasan antara pemerintah dengan Roatex belum rampung.

"Kita masih akan lanjut Senin (11/9) nanti. Masih ada yang harus kita pertemukan, nanti Senin kita lanjutkan. Isu-isunya belum beres semua. Kan ada ruang lingkup yang berubah, dulu enggak ada yang namanya transisi, sekarang ada. Jadi, ada perubahan dari ruang lingkup kerja. Ini banyak hal yang harus kita bicarakan. Dampak pembiayaannya bagaimana, banyak hal," jelasnya di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (7/9).

Ia menegaskan masalah uang tidak mudah dengan hanya sekali 'bersalaman', melainkan harus jelas bagaimana perhitungannya. Hedy menyebut PUPR dan Roatex masih belum sepakat soal transisi ini.

"Ya, belum sepakat. Nanti kita sepakati dulu. Tunggu saja nanti (rencana uji coba MLFF akhir 2023). Kita masih lakukan pembahasan dengan pihak terkait. Ya (uji coba masuk dalam kontrak), sistem transisinya saja belum disepakati," tutur Hedy.

"Ini kan ada perubahan ruang lingkup, harus ada kesepakatan lagi dong. Kalau uji coba itu kan sistemnya harus disepakati dulu. Ini kan ada transisi, yang mau dicoba apakah open atau transisi dulu? Harus jelas dulu," terangnya.

MLFF sebelumnya dijadwalkan diuji coba pada 1 Juni 2023 di Bali. Namun, rencana tersebut batal karena kisruh manajemen RITS.

Eks Direktur Utama RITS Musfihin Dahlan mengatakan pihak Hungaria berharap teknologi tol nirsentuh itu diterapkan di tanah air seperti sistem yang diimplementasikan di Hungaria dan Rusia. Namun, pihak Indonesia berharap penerapan sistem tersebut disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Dokter yang Dimanjakan Beracun

inplay888
Khusus hari ini, Selasa (22/8) struk belanjaan dari Transmart dapat ditukar dengan voucher diskon makanan di seluruh tenant Trans F&B.
Khusus hari ini aja, struk belanjaan dari Transmart dapat ditukar dengan voucher diskon makanan di seluruh tenant Trans F&B (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mumpung hari ini masih berlangsung Transmart Full Day Sale sampai pukul 22.00 waktu setempat, struk belanjaan dari Transmart jangan langsung dibuang, ya!

Khusus hari ini aja, Selasa (22/8) struk belanjaan dari Transmart dapat ditukar dengan voucher diskon makanan yang bisa digunakan di seluruh tenant Trans F&B.

Lihat Juga :
Pulang Kantor Mlipir Dulu ke Transmart, Mumpung Ada Full Day Sale!

Untuk kamu yang tukar struk Transmart ke The Coffee Bean and Tea Leaf, bisa klaim minuman Ultimate Aren Latte dari harga Rp33 ribu jadi Rp17 ribu.

Tukar struk Transmart ke Wendys, kamu akan mendapat paket satu ayam, satu nasi, dan minuman dari harga Rp40 ribu jadi Rp25 ribu.

Atau bisa juga tukar struk Transmart ke Warung Wardani Bali untuk klaim paket Mie Godog Bali dan es teh manis seharga Rp50 ribu jadi Rp35 ribu.

Tukar struk Transmart ke Baskin Robbins, bakal dapat Single Scoop seharga Rp65 ribu jadi Rp47 ribu.

Kalau mau tukar struk Transmart di Gyu Katsu Nikaido, kamu bisa bungkus satu porsi chicken garlic teriyaki dan tori karage dari harga Rp115 ribu jadi Rp55 ribu aja.

Bisa juga tukar struk Transmart ke Tasty Kitchen untuk mendapatkan dua steam rice, dua es teh manis, chicken chasiew honey, dan tumis brokoli dari harga Rp147 ribu jadi Rp125 ribu.

Periode penukaran struk belanja Transmart ini hanya berlangsung hari ini saja di seluruh tenant Trans F&B se-Indonesia. Jangan sampai ketinggalan ya!

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Perbaikan abadi

ufo777
Kamu balik kerja dari rumah lagi alias work from home? Butuh meja dan kursi kerja baru? Nah, beli aja di Transmart. Banyak diskonnya!
Kamu balik kerja dari rumah lagi alias work from home? Butuh meja dan kursi kerja baru? Nah, beli aja di Transmart. Banyak diskonnya! (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kamu balik kerja dari rumah lagi alias work from home? Butuh meja dan kursi kerja baru? Nah, beli aja di Transmart.

Soalnya, Transmart lagi menggelar pesta diskon seharian bertajuk Full Day Sale: Merdeka Belanja hari ini, Selasa (29/8).

Lihat Juga :
Diskon AC di Transmart Rp1,1 Juta, Bisa Pasang Gratis di Rumah

Selain itu, ada juga diskon untuk pembelian Wallace Office Chair Black dari harga normal Rp1,49 juta menjadi Rp1,03 juta per unit.

Diskon ini bisa didapatkan dengan menggunakan pembayaran Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Nah, cocok banget kan untuk WFH biar suasana dan kenyamanan kerja di rumah tetap kondusif dan bikin kamu fokus.

Tak hanya meja dan kursi kerja, masih ada banyak diskon untuk pembelian produk furnitur di Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja.

Total diskonnya juga enggak tanggung-tanggung mencapai 50 persen untuk aneka produk terpilih. Selain itu, ada juga diskon tambahan 20 persen kalau pakai Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Tunggu apalagi? Yuk segera merapat ke Transmart terdekat!

Gif banner Allo Bank
(uli/juh)

[Gambas:Video CNN]

Jiuxiaojue

cobra33
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berkelakar soal capres 2024. Ia menyebut Prabowo Subianto tak sesangar dulu, Ganjar paten dan Anies jasnya beda.
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berkelakar soal capres 2024. Ia menyebut Prabowo Subianto tak sesangar dulu, Ganjar paten dan Anies jasnya beda. (Rusman - Biro Pers).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut Menteri PertahananPrabowo Subianto tak sesangar seperti saat aktif di TNI.

Bahlil menyebut sosok calon presiden (capres) itu kini orang yang matang dan hebat. Ia mengatakan Prabowo juga punya banyak gagasan luar biasa ketika masuk Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo.

"Kami lihat beda Pak Prabowo dulu dengan sekarang. Kalau dulu waktu masih tentara sangar, saya sebagai aktivis kena betul dari dampak itu. Tapi kalau kita lihat sekarang, Pak Prabowo tidak lagi sesangar dulu, bahkan sudah lebih pengusaha daripada pengusaha. Ya kan?" katanya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) HIPMI XVII 2023 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (31/8).

Ia menyebut mungkin saja Prabowo memang pengusaha setelah menjadi tentara. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi Prabowo mumpuni.

Selain Prabowo, Bahlil juga menyinggung capres dari PDIP Ganjar Pranowo. Ia mengklaim Ganjar adalah sahabatnya sekaligus teman diskusi. Ia menggarisbawahi latar belakang Ganjar sebagai aktivis dan kader tulen PDIP.

"Gubernur (Jawa Tengah) 10 tahun yang juga punya cara baik dalam berkomunikasi. Bagaimana turun ke lapangan, ya ciri-cirinya beda tipis dengan Pak Jokowi. Ini juga cukup matang dan bisa membawa Indonesia ke depan lebih baik. Ini paten juga," tutur Bahlil.

Bahlil juga menyematkan predikat sahabat kepada Anies Baswedan. Ia mengatakan eks gubernur DKI Jakarta itu adalah kawan lamanya di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Akan tetapi, Bahlil berkelakar soal penampilan Anies. Ia menyebut Anies punya lebih banyak koleksi jas ketimbang Prabowo dan Ganjar.

"Cuma kalau kita melihat pakai jas, antara Pak Ganjar, Pak Anies, dan Pak Prabowo, lebih banyak Pak Anies jasnya kita lihat daripada yang lain. Ini juga kader bagus, bukan tidak bagus. Cuma kita lihat koalisinya akan bagaimana. Saya lihat juga dia punya komunikasi luar biasa," jelasnya.

Eks Ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2015-2018 itu menegaskan ketiga capres punya kualitas sama bagusnya. Menurutnya, HIPMI tinggal memilih akan mengekor capres mana.

Ia menyebut kualitas kepemimpinan ketiganya sudah teruji, di mana Prabowo Subianto di Kemenhan, Ganjar Pranowo sebagai orang nomor satu di Jawa Tengah, dan Anies Baswedan yang pernah memimpin DKI Jakarta.

"Gubernur dulu kemudian jadi presiden ada sejarahnya Pak Jokowi. Tapi bukan tidak mungkin juga orang yang sudah maju (capres) berkali-kali itu lebih matang untuk bisa menunjukkan ke depan," kelakar Bahlil yang disambut riuh tepuk tangan kader HIPMI.

[Gambas:Video CNN]

.

(skt/agt)

Ratu Pingwang

trik main slot menang
India disebut akan melarang pabrik gula mengekspor gula pada mulai Oktober mendatang karena musim kemarau membuat hasil panen tebu berkurang.
Ilustrasi. yang bersama-sama menyumbang lebih dari setengah total produksi gula India. (Hebi65/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

India diperkirakan akan melarang ekspor gula mulai Oktober mendatang karena musim kemarau membuat hasil panen tebu berkurang.

"Fokus utama kami adalah memenuhi kebutuhan gula dalam negeri dan memproduksi etanol dari kelebihan tebu." kata sumber pemerintah yang meminta tidak disebutkan namanya karena belum ditetapkan secara resmi kepada Reuters.

"Untuk musim mendatang, kami tidak akan memiliki cukup gula untuk dialokasikan pada kuota ekspor," ucapnya menambahkan.

Kenaikan harga gula global juga dikhawatirkan akan memicu inflasi lebih lanjut di pasar pangan global.

Sementara itu, India selama ini mengizinkan pabrik gula mengekspor hanya 6,1 juta ton gula selama musim berjalan hingga 30 September. Ini telah berkurang dari jumlah ekspor musim sebelumnya yang mencapai 11,1 ton gula.

Pada 2016, India juga mulai mengenakan pajak 20 persen pada ekspor gula untuk membatasi penjualan komoditas ke luar negeri.

Sementara itu, hujan monsun di negara bagian barat Maharashtra, distrik penghasil tebu terbesar India, dan negara bagian selatan Karnataka berada 50 persen di bawah rata-rata sepanjang tahun ini. Padahal, kedua negara bagian itu menyumbang lebih dari setengah total produksi gula India.

Lihat Juga :
Tunggakan Pinjol Akan Dimasukkan dalam BI Checking

Hujan yang tidak merata ini pun diprediksi akan mengurangi produksi gula pada musim 2023/24 dan bahkan mengurangi penanaman pada musim 2024/25, kata seorang pejabat industri yang menolak disebutkan namanya.

Harga gula lokal SUG-MMZR-NCX minggu ini melonjak ke level tertinggi dalam hampir dua tahun, mendorong pemerintah India mengizinkan pabrik untuk menjual tambahan 200.000 ton pada bulan ini.

"Inflasi pangan menjadi perhatian. Kenaikan harga gula baru-baru ini menghilangkan segala kemungkinan ekspor," kata pejabat itu.

(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]

Ternyata saya adalah dewa pejuang yang tiada taranya

slot paling tergacor
Kementerian PUPR membeberkan hasil pertemuan dengan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) terkait tol tanpa sentuh (multi lane free flow/ MLFF).
Kementerian PUPR membeberkan hasil pertemuan dengan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) terkait tol tanpa sentuh (multi lane free flow/ MLFF). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membeberkan hasil pertemuan dengan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) terkait multi lane free flow(MLFF) alias tol tanpa sentuh.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan pertemuan digelar hari ini. Kendati, Hedy menyebut pembahasan antara pemerintah dengan Roatex belum rampung.

"Kita masih akan lanjut Senin (11/9) nanti. Masih ada yang harus kita pertemukan, nanti Senin kita lanjutkan. Isu-isunya belum beres semua. Kan ada ruang lingkup yang berubah, dulu enggak ada yang namanya transisi, sekarang ada. Jadi, ada perubahan dari ruang lingkup kerja. Ini banyak hal yang harus kita bicarakan. Dampak pembiayaannya bagaimana, banyak hal," jelasnya di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (7/9).

Ia menegaskan masalah uang tidak mudah dengan hanya sekali 'bersalaman', melainkan harus jelas bagaimana perhitungannya. Hedy menyebut PUPR dan Roatex masih belum sepakat soal transisi ini.

"Ya, belum sepakat. Nanti kita sepakati dulu. Tunggu saja nanti (rencana uji coba MLFF akhir 2023). Kita masih lakukan pembahasan dengan pihak terkait. Ya (uji coba masuk dalam kontrak), sistem transisinya saja belum disepakati," tutur Hedy.

"Ini kan ada perubahan ruang lingkup, harus ada kesepakatan lagi dong. Kalau uji coba itu kan sistemnya harus disepakati dulu. Ini kan ada transisi, yang mau dicoba apakah open atau transisi dulu? Harus jelas dulu," terangnya.

MLFF sebelumnya dijadwalkan diuji coba pada 1 Juni 2023 di Bali. Namun, rencana tersebut batal karena kisruh manajemen RITS.

Eks Direktur Utama RITS Musfihin Dahlan mengatakan pihak Hungaria berharap teknologi tol nirsentuh itu diterapkan di tanah air seperti sistem yang diimplementasikan di Hungaria dan Rusia. Namun, pihak Indonesia berharap penerapan sistem tersebut disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)